Klikbabel.com


BPN dan Pemkab Beltim Bagikan 3.401 Sertifikat Tanah Gratis

Selasa, 20 Maret 2018 | 10:13 WIB
Pembagian sertifikat secara simbolis. Foto : Babelprov.go.id

    Klikbabel.com, Manggar - Badan Pertanahan Nasional Belitung Timur dan Pemerintah Kabupaten Beltim membagikan 3.401 bidang sertifikat tanah gratis untuk warga di 7 desa di Kabupaten Beltim. Sertifikat yang dibagikan merupakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2017 lalu.

    Penyerahan pertama diberikan kepada 300 orang warga dari Desa Cendil, Mayang Kecamatan Kelapa Kampit, Desa Air Kelik Kecamatan Damar, Desa Lalang, Lalang Jaya, Mekar Jaya dan Padang Kecematan Manggar. Bupati Beltim Yuslih Ihza dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Beltim, Yan Septedyas menyerahkan secara simbolis kepada 14 orang perwakilan dari tiap desa di Halaman Kantor Bupati Beltim, Senin (19/3).

    Kepala BPN Beltim, Yan Septedyas mengatakan dari target 3.600 bidang sertifikat yang akan diberikan, hanya 3.401 yang dapat diterbitkan. Adanya berbagai syarat yang belum dipenuhi membuat 199 bidang sertifikat belum bisa diterbitkan. “Tahun 2017 untuk Program PTSL dihasilkan, K1 3.401 bidang, K2 0 bidang, K3 199 bidang, dan K4 825 bidang. Program ini untuk seluruh masyarakat, siapa pun boleh ikut,” ungkap Dyas, sapaan sehari-hari Yan Septedyas.

    Dalam PTSL, sebelum diterbitkan sertipikat, status yuridis sebuah bidang tanah dapat dikelompokkan menjadi K1, K2, K3 dan K4. K1 artinya tanah tersebut statusnya clean dan clear sehingga dapat diterbitkan sertipikat. K2 artinya status tanah tersebut sengketa sehingga hanya dicatat dalam buku tanah, K3 artinya status subyek tanahnya belum memenuhi syarat sehingga hanya dicatat dalam daftar tanah, dan K4 artinya tanah tersebut sudah memiliki sertipikat namun perlu perbaikan informasi pada peta.

    “Insya Allah dengan adanya PTSL kita bisa mengeliminir permasalahan yang ada. Kalau ada yang sengketa kita tinggalkan, kalau masih masuk dalam ranah hukum diproses pengadilan kita tidak bisa terbitkan,” jelas Dyas. Dyas menargetkan tahun 2018 ini, Program PTSL akan melakukan pengukuran pada 12.050 bidang tanah dengan target sebanyak 8.550 bidang sertifikat. Pengukuran akan dilakukan di Desa Padang, Lalang, Kurnia Jaya, Kelubi, Bentaian Jaya Kecamatan Manggar, Desa Selinsing dan Gantung Kecamatan Gantung.

    “Tahun 2017 3.000 sertifikat, 2018 12.000, baru 15.000. Masih ada sekitar 20.000 lagi yang belum. Rata-rata yang sudah punya SKT, punya batas tanah jelas, kepemilikan jelas dan tidak ada lagi orang yang tunjuk punya si A, si B, si C. Sekarang kita sedang ukur, Insyallah nanti November 2018 kita bisa bagikan,” kata Dyas

    Dyas yang baru menjabat sejak awal Maret 2018 lalu ini menambahkan adanya penerbitan sertifikat gratis ini juga terlaksana atas Kebijakan Bupati Beltim yang membebaskan biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Lewat Peraturan Bupati Nomor 56 Tahun 2017 tentang Pembebasan BPHTB, masyarakat Beltim dibebaskan dari segala biaya. “Alhamdulillah ada kebijakan Pak Bupati yang bantu kita mensukseskan program ini. Kalau saya lihat kebijakan ini bukan populis tapi memang benar-benar pro masyarakat betul,” ujar Dyas.

 

 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Babelprov.go.id