• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Petani Lada Desa Jeriji Kangen Harga Lada Rp180 Ribu per Kilogram

Senin, 19 Maret 2018 | 10:26 WIB
Ilustrasi panen lada.(Foto : net)
Loading...

Klikbabel.com,Toboali - Petani lada di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) merasa resah menyusul belum kunjung membaiknya harga lada seperti beberapa tahun sebelumnya yang mencapai Rp180 ribu per kilogram.

Menurut pantauan Klikbabel.com, Senin (19/3/2018), harga lada di beberapa pengepul di Kecamatan Toboali hanya berkisar Rp58 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram. Yanto, petani lada asal desa Jeriji mengungkapkan kekesalannya terhadap harga lada yang tak kunjung membaik dan tak bisa mengimbangi biaya operasional petani.

"Sejak harga lada terjun bebas, kami petani hanya bisa pasrah dan mengungkapkan kekesalan kami saja pak. Sampai saat ini belum ada hasil apapun dari Pemerintah untuk memperbaiki harga lada," ketusnya.

"Kasihan sama kami nasib petani lada ini pak. Tapi apa boleh buat karena lada ini merupakan sumber utama pencaharian kami, jadi terpaksa harus kami jalani meskipun biayanya sudah tidak berimbang lagi dengan harganya. Semoga pemerintah nantinya ada solusi terbaik untuk membuat harga lada kembali membaik," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com