Klikbabel.com


45 Pengurus Koperasi se-Basel Ikuti Bimtek RAT

Senin, 19 Maret 2018 | 14:06 WIB
Suasana Bimtek RAT bagi pengurus Koperasi se-Basel.(Foto : Wiwin Suseno/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (DTKTKUKM) menyelenggarakan bimtek bagi pengurus koperasi se-Basel tentang Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi di Gedung diklat BKPSDMD Basel.

Bimtek yang diadakan Senin, (19/03/2018) diikuti oleh 45 orang pengurus koperasi yang ada di Basel dengan narasumber dari UPT Balai Koperasi Dinas Perindagkop Pekanbaru Provinsi Riau. Menurut Mulyana, Ketua pelaksana kegiatan, pengurus koperasi harus mampu dan dapat menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan Koperasi, karena hal tersebut menurutnya merupakan kewajiban koperasi. Sehingga koperasi bisa dikatakan aktif dalam menjalankan tanggungjawab kegiatan koperasi kepada seluruh anggota koperasi tentang pelaksanaan kemajuan koperasi tahun sebelumnya.

"Pengurus koperasi harus mampu dan dapat menyelenggarakan RAT yang merupakan kewajiban koperasi sehingga informasi terkait perkembangan Koperasi tahun sebelumnya dapat diketahui oleh seluruh pengurus dan anggota," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DTKTKUKM Basu Priatna, mengungkapkan koperasi saat ini harus mengedepankan profesionalitas, sehingga tidak tergantung dengan pemerintah daerah karena menurutnya Banyak koperasi maju, besar dan berkembang tanpa bantuan pemerintah, seperti koperasi susu sapi di Lembang, Bandung.

"Badan usaha koperasi ini lebih baik dari pada CV atau PT, karena kalau CV atau PT keuntungannya kan untuk pribadi atau pemilik modal sedangkan koperasi untuk kesejahteraan bersama para anggota. Oleh karena itu, koperasi yang sehat itu adalah koperasi yang memiliki badan usaha, kantor, jenis usaha, kepengurusan dan saya yakin semua pengurus yang hadir hari ini merupakan pengurus dari koperasi yang sehat," harap Basu.

Kedepan, harapnya juga, koperasi dapat bekerjasama dengan UKM untuk menghasilkan berbagai jenis produk yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan. Pengurus koperasi menurutnya harus berpikir maju dan jauh kedepannya. oleh karena itu, melalui Bimtek ini ia berharap banyak ilmu yang akan didapatkan apabila diikuti dengan serius dan sebaik mungkin. 



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com