Klikbabel.com



Prof Udin Ajak Sikapi Perkembangan Teknologi Dunia

Kamis, 15 Maret 2018 | 11:45 WIB Dibaca sebanyak 223 kali
Tanda pengenal Prof Saparudin saat menghadiri konferensi internasional yang juga memberikannya kesempatan memaparkan hasil risetnya.(Foto : dok Facebook)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Sebagai seorang Profesor yang membidangi ilmu Teknik Informatika, Prof. H. Saparudin,MT.PhD memiliki pandangan jauh ke depan terlebih dalam kehidupan bermasyarakat. Ia menganggap perkembangan teknologi tidak dapat dibantahkan dan akan terus berkembang.

Untuk itu, dengan kompetensi yang dimilikinya, Prof Saparudin mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan khususnya Pangkalpinang untuk tidak menutup mata dengan perkembangan teknologi saat ini.

"Melalui forum ini dapat diketahui perkembangan teknologi dan informasi masa kini dan prediksi masa depan. Dunia berubah dengan cepat seperti deret ukur," sebut Prof Udin, sapaan akrabnya menanggapi hasil pertemuan The International Multi Conference of Engineers and Computer Scientists 2018. 

Menurutnya, para insinyur dan ilmuwan terbaik dari 50 negara di dunia, pada acara yang digelar di The Royal Garden Hotel, Hong Kong, 14-16 Maret, salah satu informasi penting yakni diperkirakan dalam kurun waktu 10-15 tahun ke depan, pekerjaan di beberapa negara seperti India, China dan Amerika akan dikendalikan oleh mesin.

"World Bank memperkirakan bahwa 10-15 yad, 80% pekerjaan di India, 77% di China dan 60% di US akan digantikan dengan Artificial Intellegence (AI) machines. Hal ini tentu juga akan terjadi di berbagai negara lainnya termasuk Indonesia," terangnya di akun Facebook miliknya, Kamis (15/3/2018). "Bagaimana kita menyikapi dan menghadapi ini?" tutupnya.

Prof Udin sendiri pada acara konferensi tersebut diundang untuk memaparkan hasil risetnya yakni Pendeteksian Penyakit Perut Menggunakan Citra Lidah dan Iris Mata. Riset itu pula yang mengantarkan Prof Udin menerima gelar Profesor dan menjadi Guru Besar di Universitas Sriwijaya, Palembang dan menjadi satu-satunya orang yang didaulat sebagai Profesor di tahun 2017 silam.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com