• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Timah Membaik, Dongkrak Perekonomian Masyarakat Beltim

Rabu, 14 Maret 2018 | 14:23 WIB
(Net)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Mengingat sumber mata pencaharian utama para masyarakat Belitung Timur (Beltim) yang masih mengandalkan sektor pertambangan timah, tentu dengan membaiknya harga timah saat ini menjadi kabar baik untuk masyarakat itu. 

Terlebih lagi, harga timah yang berkisar Rp100 ribu per kilogram akan berdampak pada mendongkraknya perekonomian masyarakat di daerah itu. 

Hal ini diakui oleh Daud, salah satu penambang asal Desa Burung Mandi,  Kecamaran Damar Kabupaten Beltim mengaku, pendapatan dari tambang timah mencukupi dirinya untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. 

’’Dalam sehari menambang, kami bisa mendapatkan minimal 5 kg timah. Cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,’’ kata Daud, saat ditemui di pesisir Pantai Burung Mandi, Senin (12/3/2018).

Selain penambang,  Daud sebagai seorang nelayan ini menuturkan, jika dibandingkan dengan hasil tangkapan ikan maupun berkebun, jelas hasil tambang timah lebih menjanjikan. Sebab, hasil tangkapan ikan sangat dipengaruhi oleh cuaca. Pun, perkebunan yang harus menunggu masa panen untuk bisa menikmati hasilnya. 

’’Dari hasilnya juga masih belum seberapa dibanding menambang. Menangkap ikan saat cuaca bagus, bisa bagus juga (hasilnya). Ketika cuaca buruk, ya kita ga bisa berharap banyak,’’ucapnya. 

Tak hanya Daud, Ending salah satu Nelayan didaerah itu juga tidak mengherankan jika masyarakat Desa Burung Mandi masih bergantung pada tambang timah. Apalagi potensi timah di kawasan ini masih cukup banyak.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com