• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rutan Muntok Latih Warga Binaan Ternak Lele

Sabtu, 10 Maret 2018 | 13:57 WIB
Kepala Rutan Muntok, Zulfikri. Foto : Ira/Klikbabel.com
Loading...

    Klikbabel.com, Muntok - Rumah Tahanan (Rutan) Muntok kini mempunyai program budidaya ikan lele dengan sistem bioflok. Program ini merupakan salah satu program pembinaan warga binaan Rutan Muntok. Sistem bioflok merupakan suatu teknologi untuk kuantitas dan kualitas ikan lele yang tinggi meskipun dengan memanfaatkan lahan yang terbatas. Sistem tersebut memanfaatkan kayu yang dibuat bujur sangkar kemudian dilapisi terpal tebal, sehingga berbentuk kolam dan saat ini sudah dilakukan penebaran sebanyak 2000 benih ikan lele.

    Kepala Rutan Muntok, Zulfikri mengatakan pemberdayaan terhadap warga binaan terus dilakukan oleh pihak Rutan Muntok. Hal ini dilakukan sebagai bentuk reintegrasi dan rehabilitasi sosial agar setelah bebas nanti, warga binaan bisa menjadi orang yang berguna dan bermanfaat di masyarakat. "Kita akan ajarkan cara memelihara ikan lele yang baik dan benar meskipun di lahan yang terbatas, saya yakin kegiatan positif ini akan mampu membuka lapangan kerja baru khususnya di kabupaten Bangka Barat ini," Jelas Zulfikri, Sabtu (10/03/2018)

    Salah satu warga binaan Rutan Muntok, Suwandi mengaku program pembinaan di bidang keterampilan terus dilakukan oleh Rutan Muntok dan dirinya sangat termotivasi untuk mengikuti kegiatan ini. "Saya sangat termotivasi untuk melakukan kegiatan ini dimana kegiatan ini mengajarkan kita yang sebelumnya tidak tahu bagaimana cara membuat barang-barang kerajinan, budidaya ikan lele dan sebagainya dan akhirnya jadi tahu. Ini juga bisa menjadi bekal kami ketika kami keluar dari sini (Rutan) maka kami sudah punya ilmu untuk bisa hidup mandiri," Tutupnya.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com