• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lin Dan Meradang

Jumat, 09 Maret 2018 | 08:51 WIB
Lin Dan. Foto : bwfbadminton.com

Klikbabel.com, Jakarta - Superstar bulu tangkis Tiongkok, Lin Dan betul-betul kesal dengan aturan servis baru yang diberlakukan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) di Jerman Terbuka 2018. Dilansir dari akun Instagram @worldbadmintonnews, Lin Dan mencurahkan kemarahannya terhadap aturan baru yang menurutnya sangat konyol ini.

    "Mengubah aturan servis (dengan ketinggian maksimal 1,15 meter di atas lapangan, Red) artinya sama saja dengan mengubah hal paling mendasar di bulu tangkis. Sebagai pemain, saya betul-betul merasa tak berdaya," ujar Lin Dan. Pebulu tangkis berjuluk Super Dan ini menilai, dengan mengubah aturan servis, BWF secara tidak langsung sama saja seperti ingin mengajari para pemain melakukan servis dengan baik dan benar dari awal.

    "Sudah 30 tahun saya berlatih dan bermain bulu tangkis, lalu tiba-tiba BWF mau mengajarkan saya dan pemain lain servis lagi. Ini sungguh bodoh!" kata peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012 ini. Rasa sebal Lin Dan diungkapkan setelah ia menjalani Jerman Terbuka 2018. Walau sukses lolos ke perempat final, ia sama sekali tidak merasa nyaman melakukan servis dengan aturan baru ini.

    "Banyak pemain yang merasa dirugikan, dan saya adalah salah satunya. Fokus pertandingan bukan lagi kepada pemain, tapi kepada wasit dan hakim servis," ujarnya. Rival abadi Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei ini menambahkan, penentuan fault atau tidaknya servis yang dilakukan pemain pun menjadi sangat subjektif karena hanya ditentukan dari sudut pandang hakim servis yang berbeda-beda. "Awalnya saya pikir servis baru ini akan dibantu teknologi, tapi ternyata hanya mengandalkan mata hakim servis saja. Saya tentu tidak menyalahkan hakim servis maupun wasit, karena mereka hanya menjalankan aturan. Saya bingung, BWF mau apa sebetulnya?" katanya.

    Di penghujung curhatnya, Lin Dan menegaskan bahwa yang dibutuhkan BWF untuk meningkatkan kualitas bulu tangkis adalah masukan dari para atlet yang betul-betul menggeluti olahraga ini dengan hati. "Mengumpulkan pemain dan pelatih hebat akan lebih berguna ketimbang kalian cuma berkumpul sendiri dan mengimplementasikan aturan baru seperti ini. Sebagai pemain yang sudah bertahun-tahun malang melintang, saya sanrankan kalian memakai otoritas kalian dengan benar agar bulu tangkis bisa semakin dicintai!" tutupnya.

 

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Jawapos.com