Klikbabel.com


Ini Motif Politik di Balik Muslim Cyber Army

Senin, 05 Maret 2018 | 15:54 WIB
Family MCA. Foto : Antara

Klikbabel.com, Jakarta - Mabes Polri telah mengungkap motivasi di balik para anggota Muslim Cyber Army (MCA). Kepala Satuan Tugas Nusantara Polri Irjen Gatot Pramono Eddy mengatakan, para anggota MCA memiliki tujuan sama, yakni menyerang pemerintahan Presiden Joko Widodo.

    “Sebagian besar motifnya politik. Kelompok ini berharap dengan tersebarnya isu hoaks bisa menimbulkan keresahan di masyarakat,” kata Gatot di Rupatama Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/5). Dengan adanya keresahan yang meluas di masyarakat, kata Gatot, maka pemerintah dianggap tak bisa berbuat apa-apa. “Kemudian dianggap tak mampu dan tak bisa mengelola bangsa. Ini untuk mendegradasi pemerintahan sekarang,” tegas dia.

    Sebelumnya sudah ada delapan pelaku MCA yang ditangkap di beberapa wilayah. Mereka memiliki peran sendiri dalam kelompok yang eksis sejak 2017 tersebut. Salah satu aksinya adalah menyebarkan hoaks tentang penganiayaan ulama, kebangkitan PKI dan banyak lainnya. Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran mengatakan, ada kaitan MCA dengan Saracen.

    “Kami analisis dari Jatim, Jabar, Banten, terlihat bahwa pelakunya ini terhubung satu sama lain. Pelaku-pelaku yang tergabung dalam MCA juga tergabung dengan eks Saracen," kata Fadil.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com