• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Faktor Keluarga Jadi Alasan Anak Putus Sekolah di Bateng

Kamis, 01 Maret 2018 | 09:56 WIB
(Net)

Klikbabel.com, Koba - Tahun 2017, terdapat 131 anak di jenjang SD/MI dan SMP/MTs di Bangka Tengah (Bateng) mengalami putus sekolah. Berbagai alasan yang ditemukan oleh Dinas Pendidikan Bateng yang didapat saat mencari info terkait anak putus sekolah tersebut.

Alasan yang paling banyak ditemukan pihaknya dikarenakan faktor keluarga atau orang tua yang sering pindah-pindah tempat kerja sehingga mengganggu aktifitas sekolah anaknya.

"Rata-rata mereka putus sekolah ini karena ikut orang tuanya yang pindah-pindah kerja. Contohnya seperti anak nelayan atau serabutan lainnya yang harus pindah-pindah," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Bateng, Iskandar.

Tapi beberapa anak juga ditemukan sengaja tidak ingin sekolah lagi karena sudah merasa bisa mencari uang sendiri.

"Ada juga yang tidak ada motivasi untuk sekolah, mungkin sudah kerja di kebun atau TI jadi merasa bisa nyari duit sendiri," tambahnya.

Meskipun begitu, ia mengatakan tidak ada anak yang putus sekolah karena faktor ekonomi.

"Masyarakat yang kurang mampu ada bantua-bantuan, KIP (Kartu Indonesia Pintar) ada. Jadi kalau faktor ekonomi saya rasa tidak ada karena sudah ada bantuan semua, tinggal kemauannya saja yang ingin sekolah atau tidak," terang Iskandar.

loading...
loading...


Penulis  : Riski
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com