Klikbabel.com


Smartphone Hilang, Begini Cara Selamatkan Data di WhatsApp

Jumat, 23 Februari 2018 | 08:28 WIB
Aplikasi jejaring sosial WhatsApp. (Foto : net)

Klikbabel.com - Pernahkah merasa "akhir dunia" saat kehilangan smartphone Anda? Bukan hanya ponselnya semata tapi juga seluruh data yang adal di dalamnya. Berbagai data pribadi, dompet digital, foto dan email semua kerap disimpan di dalam smartphone.

Jangan lupa pesan pribadi dari akun media sosial kita, yang membuatnya sangat penting sehingga tidak ada orang yang bisa mengakses obrolan Anda seperti pada WhatsApp. Jika ini terjadi, jika telepon Anda hilang atau dicuri, dikutip dari Suara.com, sudah merangkai dari Metro beberapa langkah yang dapat membantu memastikan tidak ada yang dapat menggunakan akun WhatsApp Anda dan mereka juga dapat membantu memulihkan akun Anda saat menggunakan telepon baru.

1. Kunci kartu SIM Anda

Anda harus menghubungi dan memberi tahu penyedia layanan seluler sesegera mungkin untuk mengunci kartu SIM Anda. Melakukan hal ini sangat penting sehingga tidak memungkinkan untuk memverifikasi akun di telepon itu lagi, karena Anda harus dapat menerima SMS atau panggilan telepon untuk memverifikasi akun.

2. Setelah Anda melakukan ini WhatsApp menyarankan untuk melakukan dua pilihan berikut, menggunakan kartu SIM baru dengan nomor yang sama untuk mengaktifkan WhatsApp di telepon baru Anda. Setelah SIM terkunci, Anda sekarang dapat mengaktifkan WhatsApp pada handset yang berbeda.

Cara tercepat untuk melakukannya adalah dengan menggunakan kartu SIM dengan nomor yang sama. Namun, perlu dicatat bahwa WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat pada satu waktu.

3. Email WhatsApp ungkapan 'Hilang/Dicuri: Tolong nonaktifkan akun saya' di dalam tubuh email dan sertakan nomor telepon Anda dalam format internasional penuh.

Sangat penting untuk mengirim email WhatApp agar akun Anda dinonaktifkan karena WhatsApp juga dapat dioperasikan menggunakan WiFi, meskipun kartu SIM tidak ada di dalam handset. WhatsApp juga menambahkan bahwa pengguna memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun mereka.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Suara.com