Klikbabel.com


Terkesan Semrawut, PJS Walikota : Pasar Rapi, Nyaman Sangat Penting

Kamis, 22 Februari 2018 | 12:27 WIB
Asyraf Suryadin (Batik Ungu), Pjs Walikota Pangkalpinang meninjau langsung kondisi Pasar induk Ratu Tunggal, Pangkalpinang. (Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang- Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Pangkalpinang, Asyraf Suryadin melakukan peninjauan langsung kondisi pasar induk Ratu Tunggal Kota Pangkalpinang, Kamis (22/2/2018) pagi. "Hari ini kita turun ke lapangan untuk melihat kondisi terkini dari pasar Induk Kota Pangkalpinang, nanti akan kita lihat apa yang harus jadi perhatian dan pembenahan," ujarnya. Ikut turun langsung dalam pemantauan ini yakni Kepala Satuan Pamong Praja Kota Pangkalpinang, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar, Kepala Disperindagkop dan UMKM, Perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup Pangkalpinang.

Asyraf mengatakan Pangkalpinang sebagai Ibu Kota Provinsi wajib memiliki pasar yang rapi, baik dari segi pengelolaan maupun penataannya. Karena menurutnya pasar adalah pintu masuk bagi semua masyarakat yang berkunjung ke Pangkalpinang. "Saya rasa Pangkalpinang adalah wajah dari provinsi kita, orang yang berkunjung ke sini pasti yang dilihat pertama kali adalah pasar, makanya pasar yang rapi, bersih dan nyaman penting sekali untuk kita miliki," terangnya.

Selanjutnya, Asyraf juga membahas mengenai  penataan lapak pedagang kaki lima yang dinilai telah melanggar ketentuan, sebagaimana peraturan yang telah dibuat. "Kita lihat beberapa pedagang yang berjualan menyalahi tempatnya, kita akan tata kembali, kita akan relokasi ke tempat yang lebih layak, kita memfungsikan kembali fasilitas berjualan yang selama ini sudah tersedia namun tidak dioptimalkan," imbuhnya.

Dirinya menambahkan, pedagang kaki lima yang menyalahi tempat berjualan akan diberikan peringatan baik secara lisan maupun tertulis, namun menurutnya tetap dilakukan dengan pendekatan humanistik. "Nanti akan kita sampaikan imbauan atau peringatan kita kasih waktu dulu, tapi tetap dengan kebijakan manusiawi," bebernya.

Selanjutnya, dirinya berharap agar semua pihak pemerintah maupun pedagang untuk bisa saling bersinergi menata dan membangun pasar kota Pangkalpinang agar lebih rapi, bersih dan nyaman. "Saya harapakan semua pihak bisa saling bersinergi untuk menata dan membangun pasar kita, apalagi nanti bulan depan kita akan mendapatkan kunjungan dua Menteri sekaligus, malu kalau mereka melihat pasar kita kotor," tutupnya.



Penulis  : Apriliansyah
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com