Klikbabel.com


Menperin Klaim Tengah Bangun Infrastruktur Ekonomi Digital

Kamis, 22 Februari 2018 | 10:00 WIB
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.(Foto : setkab.go.id)

Klikbabel.com,Jakarta - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato menyebutkan Pemerintah saat ini tengah menyiapkan berbagai sarana infrastruktur penunjang guna mendorong ekonomi digital melalui basis industri dan perdagangan elektronik (e-commerce).

“Ketersediaan infrastruktur dan penguasaan teknologi informasi maupun komunikasi menjadi hal utama dalam menghadapi perkembangan ekonomi digital,” kata Airlangga di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (21/2/2018).

Menurut Menperin, daya saing manufaktur dan potensi ekonomi digital yang ada di Indonesia harus diimbangi dengan inovasi teknologi. Hal ini perlu dibutuhkan pusat-pusat inovasi industri untuk menunjang peningkatan SDM, kemajuan teknologi dan penumbuhan wirausaha baru. “Kami komitmen untuk memajukan pusat inovasi industri seperti yang ada di Bali, Batam, Bandung dan Surabaya,” katanya.

Pemerintah sedang fokus mendorong industri kimia, tekstil, otomotif, serta makanan dan minuman (mamin). Diharapkan keempatnya dapat mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi digital. “Ini masih pilot project. Capaian pertumbuhannya ke depan bisa akselerasi pembangunan. Kita masih membahas dengan kementerian lain," tutupnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com