Klikbabel.com


Ini Alasan Oppo A83 Hilangkan Fitur Fingerprint

Kamis, 22 Februari 2018 | 10:07 WIB
Oppo A83. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta -  Oppo A83 sudah resmi hadir di Indonesia sejak 29 Agustus 2018 lalu. Jika sebelumnya perangkat ini hanya dapat dipesan pre-order di salah satu platform e-commerce, kini perangkat tersebut sudah tersedia di Oppo Store dan toko-toko ponsel lain di seluruh Indonesia.

Menariknya, ponsel yang digadang-gadang sebagai saudara kembar Oppo F5 Series ini, didesain tanpa fitur kunci Fingerprint dan malah beralih ke fitur Face Unlock. Sebagaimana dikutip dari Suara.com, PR Manager PT. World Innovative Telecommunication, Aryo Meidianto mengatakan, itu didasari karena target pasar A83 yang berbeda dengan F5 Series.

"Lebih karena target pasar yang lebih beragam. Oppo F5 lebih kepada pekerja profesional. Sementara A83, sasarannya lebih anak muda. Mereka biasanya suka fitur kekinian dan Face Unlock adalah fitur kekinian," jelasnya di Jakarta, Rabu, (21/2/2018).

Hilangnya fitur Fingerprint, dia menambahkan, tak membuat ponsel Oppo A83 menjadi lebih tidak aman. "Bukan berarti HP tidak secure, tetap aman secara garis besar," kata Aryo. Diklaim sebagai ponsel setara dengan kualitas Oppo F5 Series, Oppo A83 dibanderol dengan harga jauh lebih terjangkau. Jika Oppo F5 6GB dijual diangka Rp5 jutaan, Oppo A83 dibanderol lebih murah yaitu sekitar Rp2,9 juta.

Secara menyeluruh, seperti yang diberitakan Suara.com sebelumnya, spesifikasi yang ditawarkan Oppo ke dalam ponsel ini meliputi layar 5.7 inci dengan rasio 18:9. Layarnya mampu menampilkan gambar dengan resolusi HD+ 144o x720.

Untuk urusan keamanan, Oppo juga sudah menyematkan fitur face unlock yang akan menjamin kerahasiaan data. Oppo A83 juga menonjolkan fitur selfie. Sebab, terdapat teknologi AI Beauty Recognition di kamera depannya yang berukuran 8MP dan kamera belakang berukuran 13MP.

Oppo A83 menggunakan Helio P23 yang dipadukan dengan RAM 4GB. Terdapat pula memori internal 32 GB yang dapat diperluas kapasitasnya dengan Micro SD. Handset ini berjalan di atas Android 7.1 Nougat yang dipasangkan dengan ColorOS 3.2. Ponsel ini diketahui memiliki baterai 3.180 mAh.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / Suara.com