Klikbabel.com


Baru Pertama Kali Liburan ke Jepang, Perhatikan Tips Ini

Kamis, 22 Februari 2018 | 10:23 WIB
Destinasi Wisata Jepang. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jepang - Negeri Sakura, Jepang memang tak kehabisan pesona untuk memikat wisatawan asing. Begitu juga dengan turis asal Indonesia, H.I.S Tour & Travel, mencatat jumlah wisatawan Indonesia yang berlibur Jepang selama periode 2017 lalu mencapai 300 ribu orang.

"Angka tersebut naik 30 persen dibandingkan 2016. Diantara wisatawan Indonesia yang ke Jepang, sebagian baru pertama kali menjejakkan kaki ke Jepang, sebagian lagi sudah beberapa kali karena suka," ujar Director of Outbond Division H.I.S Tour & Travel, Matsui Taichi pada temu media di Jakarta, belum lama ini.

Jika Anda termasuk salah satu traveler yang berencana berlibur ke Jepang untuk pertama kalinya, Matsui pun memberikan beberapa tips. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah tiket dan penginapan. Berbagai travel blogger juga kini telah banyak membahas liburan murah ke Jepang. Anda juga bisa mengunjungi pameran travel untuk mendapat tiket dan penginapan dengan harga yang lebih murah.

"Bagi pemula sebaiknya persiapkan segala hal terlebih dahulu, seperti tiket dapat di pesan sejak jauh-jauh hari atau mengikuti promo agar mendapatkan harga yang sesuai," ujar Matsui.

Ia menambahkan, bagi Anda yang belum berani melakukan solo trip ke Jepang, maka bergabung dalam paket tour merupakan pilihan yang tepat. Biasanya, dalam paket tour tersebut akan ada seorang pemandu sehingga Anda lebih aman selama menjalani liburan ke Jepang untuk pertama kalinya.

Namun, jika Anda traveler penyuka tantangan, dapat mencari informasi lebih dalam mengenai destinasi wisata menarik di Jepang lewat internet ataupun sumber informasi lainnya. Tak hanya itu, pelajari terlebih dahulu rute jalan, hingga istilah-istilah yang sering digunakan masyarakat Jepang.

"Bagi yang melakukan solo trip sebaiknya pelajari terlebih dahulu sebelum berangkat. Cari tahu mau kemana saja di Jepang ketika masih di Indonesia. Jangan sampai sana belum tahu mau kemana," tambah dia.

Matsui juga mengingatkan para traveler pemula agar mengetahui kondisi cuaca di Jepang sebelum berlibur. Pasalnya, Jepang memiliki empat musim yakni panas, semi, gugur dan dingin, berbeda dengan di Indonesia yang hanya memiliki musim hujan dan kemarau saja.

"Kalau berencana ke Jepang Februari dan pertengahan Maret wajib bawa jaket tebal dan sepatu boots karena di Jepang suhunya masih di bawah 10 derajat. Kalau di akhir bulan maret sudah peralihan ke semi, tapi suhunya masih sekitar 10 derajat jadi tetap bawa jaket dingin saja," tambah dia.

Matsui pun menghimbau agar wisatawan muslim asal Indonesia tidak perlu ragu berlibur ke Jepang karena kini sudah mulai banyak penjaja makanan halal. Namun tentu saja belum semua restoran di Jepang menawarkan makanan halal, tak ada salahnya Anda mencari tahu dan menanyakan kembali pada staf restoran untuk menjamin kehalalannya.

"Kebanyakan restoran halal lebih banyak di tempat-tempat wisata yang sudah populer atau kota-kota besar seperti Osaka, Tokyo, dan Kyoto. Tidak ada salahnya Anda mencari tahu terlebih dahulu sehingga tidak kebingungan saat berada di sana," tandasnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Suara.com