Klikbabel.com


Panwaslu Ingatkan Netralitas ASN Selama Masa Kampanye Pilwako Pangkalpinang

Kamis, 15 Februari 2018 | 10:00 WIB
Luksin Siagian, anggota koordinator divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslu Pangkalpinang, ( Apriliansyah/klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang- Aparatur Sipil Negara (ASN)  di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang diharapkan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pangkalpinang untuk menjaga netralitas selama masa kampanye pemilihan calon Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang tahun 2018. Hal ini diungkapkan Luksin Siagian selaku Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar lembaga Panwaslu Kota Pangkalpinang, ketika ditemui Klikbabel.com, Rabu (14/2/2018). "Aturannya untuk ASN sudah jelas, diatur dalam Undang-Undang ASN hingga dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) untuk menjaga netralitas," ujarnya.

Netralitas tersebut menurut Luksin antara lain adalah tidak ikut terlibat secara langsung dalam kegiatan kampanye pasangan calon tertentu, berfoto bersama pasangan tertentu hingga menyukai unduhan pasangan calon tertentu di media sosial. "Sesuai dengan peraturan, PNS diwajibkan netral, selanjutnya ditegaskan juga dalam aturan Kemendagri aturan bahwa PNS tidak diperbolehkan terlibat langsung dalam kegiatan kampanye, berfoto langsung bahkan menyukai unduhan di media sosial oleh pasangan calon tertentu," imbuhnya.

Panwaslu Kota Pangkalpinang akan terus memantau dan melakukan pengawasan bagi para PNS. Apabila ditemukan maka akan ada Panwaslu akan langsung mengambil tindakan. "Kita akan terus melakukan pengawasan, seandainya ditemukan maka kita akan panggil dan klarifikasi kalau terbukti benar maka akan disampaikan ke instansi terkait untuk sanksi," bebernya.

Selanjutnya Luksin menambahkan, walaupun PNS dituntut untuk tetap netral, tapi dalam pelaksanaan pemilihannya nanti mereka tetap mempunyai hak pilih. "Dalam proses pelaksanaan pemilihan nanti, PNS mempunyai hak pilih untuk memilih siapa, itu hak merek masing-masing," ujarnya.



Penulis  : Apriliansyah
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com