Klikbabel.com


Kadinsospemdes Bangka : Banyak Kegiatan yang Bisa jadi Wadah Promosi Produk Desa

Kamis, 15 Februari 2018 | 13:03 WIB
Salah satu produk olahan pangan unggulan Desa yang ada di Kabupaten Bangka (Rama/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Sungailiat - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diharapkan mampu untuk meningkatkan potensi desa dengan caramemunculkan suatu produk unggulan desa yang saat ini terus menjadi perhatian khusus Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bangka.

Kepala Dinas Sosial, Pemerintahan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka, Arman Agus mengatakan, ke depannya diharapkan produk unggulan yang dihasilkan oleh masyarakat desa dapat dikenal masyarakat luas. ''Produk unggulan atau One Vilage One Product (Ovop) itu merupakan ciri khas desa nantinya, dan harus dipromosikan juga,'' jelasnya, Kamis (15/2/2018).

Menurutnya, ada berbagai kegiatan yang dapat dimanfaatkan dalam mempromosikan produk tersebut, baik berupa benda maupun pangan kepada masyarakat luas dan bukan hanya daerah. "Banyak momen yang menjadi ruang promo, seperti Bangka Expo, atau pameran lainnya, produk unggulan desa dapat ditampilkan di sana. Ada juga festival makanan bisa dijadikan ajang promosi untuk pemasaran produk desa seperti desa Air Duren dan Balun ijuk dengan nanasnya,'' ingat Arman.

Selain itu, ada juga produk unggulan Desa Kimak dengan teh daun pelawan, desa Banyuasin dengan ketelah birunya, dan masih banyak lainnya yang bisa dijadikan produk unggulan desa. Arman juga menginginkan, dengan anggaran dana desa yang besar, perangkat desa bisa memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat desa juga.

''Desa sekarang ini harus bisa membangun desanya dengan memanfaatkan ADD. Ada empat item yang harus dipunyai desa, seperti embung, sarana dan prasarana, BUMDes dan One Village One Product,'' tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Suci
Sumber : Klikbabel.com