Klikbabel.com


Jaga Netralitas, TNI Dan Pori Siap Sukseskan Pilwako Pangkalpinang

Kamis, 15 Februari 2018 | 09:32 WIB Dibaca sebanyak 154 kali
TNI dan Polri saling bergandengan tangan dalam deklarasi damai Pilkada Pangkalpinang, (Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalping- Deklarasi damai pemilihan umum calon Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang tahun 2018 dilaksanakan di ruangan pertemuan Anton Sujarwo Polres Pangkalpinang, Rabu (14/2/2018) pagi.

Deklarasi damai ini diikuti oleh institusi Kepolisian, TNI, Pemerintah Kota Pangkalpinang, DPRD Kota Pangkalpinang, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) , Kejaksaan Negeri (Kajari), seluruh pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang, jurnalis, dan para simpatisan pendukung masing-masing pasangan calon. 

Usai acara deklarasi ketika ditemui awak media, Kapolres Pangkalpinang AKBP Alfred Noveriko Siregar mengatakan, Polri siap mengamankan dan juga menjaga netralitas dalam Pilkada mendatang. "Setiap anggota harus mengikuti Undang-Undang Kepolisian bahwa tidak diperbolehkan mengikuti politik praktis," imbaunya.

Sebagai komitmen lebih lanjut menurutnya, anggota kepolisian bahkan tidak diperbolehkan berfoto dengan salah satu pasangan calon. "Selanjutnya sebagai komitmen netralitas, kami tidak diperbolehkan untuk berfoto dengan salah satu Paslon, siapapun itu," ujarnya.

Selanjutnya dalam mengamankan jalan masa kampanye dan Pilwako mendatang pihak kepolisian juga telah melakukan pemetaan daerah mana yang rawan terjadinya konflik selama masa kampanye hingga pemungutan suara nantinya. "Kita sudah berkoordinasi dan memetakan daerah mana saja yang potensial terjadinya konflik, makanya potensi tersebut harus kita cegah lebih dulu," imbuhnya.

Selanjutnya ia memgimbau, agar tetap mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU selaku penyelenggaraa, sehingga Pilwako Pangkalpinang bisa berjalan damai, baik dan tertib. "Deklarasi adalah sebuah keterikatan moral, makanya kita harus saling bersinergi untuk menyukseskan Pilwako mendatang," tuturnya.



Penulis  : Apriliansyah
Editor    : Suci
Sumber : Klikbabel.com