Klikbabel.com


Hari Pertama Masa Kampanye, Alat Peraga Sosialisasi Calon Ditertibkan

Kamis, 15 Februari 2018 | 12:45 WIB Dibaca sebanyak 250 kali
Masuki masa kampanye, Panwaslu turunkan alat peraga sosialisasi calon yang masih terpasang, (Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pangkalpinang bersama satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Kesatuan Berbangsa dan Politik (Kesbangpol)  Kota Pangkalpinang melakukan kegiatan penertiban alat peraga sosialisasi calon di beberapa titik lokasi yang tersebar di Kota Pangkalpinang, Kamis (15/2/2018).

Beberapa spanduk sosialisasi pasangan  calon yang masih terpasang diturunkan oleh tim Panwaslu. Nantinya selama masa kampanye berlangsung,  alat peraga kampanye masing-masing calon harus melewati persetujuan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik dari ukuran dan juga tempat pemasangannya. Sedangkan desain alat peraga kampanye tetap diserahkan kepada  masing-masing tim kampanye pasangan dan juga harus melewati persetujuan KPU. Hal ini diungkapkan oleh, Ida Kumala selaku Ketua Panwaslu Kota Pangkalpinang, Kamis (15/2/2018).
"Kalau untuk kampanye sudah sangat jelas, diatur KPU Kota Pangkalpinang dengan surat keterangan terkait zona kampanye dan masa kampanye," imbuhnya.

Selanjutnya Ida menambahkan, adapun kampanye yang diperbolehkan sesuai dengan ketentuan KPU adalah seperti tatap muka, pertemuan terbatas, dan rapat umum yang dilakukan hanya sekali.

Memasuki masa kampanye dirinya mengharapkan agar setiap pasangan calon dan tim kampanye agar taat aturan sesuai dengan peraturan KPU. "Saya harapkan kepada masing-masing Paslon berserta tim kampanye agar mentaati aturan yang telah disepakati, kalau kurang paham silahakn berkoordinasi baik dengan Panwas atau KPU," bebernya.

Panwaslu tidak akan segan-segan mengambil tindakan apabila ada beberapa ketentuan yang dilanggar. "Yang namanya pelanggaran hal seperti minimal akan kita tertibkan karena kita telah bekerja sama dengan tim semua ini," imbuhnya.



Penulis  : Apriliansyah
Editor    : Suci
Sumber : Klikbabel.com