Klikbabel.com


Polisi Dilarang Berfoto dengan Cawako dan Cawawako

Rabu, 14 Februari 2018 | 14:18 WIB Dibaca sebanyak 219 kali
Jajaran Polres Pangkalpinang dan TNI berjabat tangan saat deklarasi Pilwako damai.(Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Kapolres Pangkalpinang, AKBP Noveriko Alfred Siregar menegaskan pihaknya bersama dengan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mensukseskan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang yang akan berlangsung 27 Juni 2018. Penegasan itu ditandai dengan deklarasi Pilwako damai di Mapolres Pangkalpinang, Rabu (14/2/2018) pagi.

Usai acara yang dilaksanakan di aula Anton Sujarwo Polres Pangkalpinang, Noveriko mengatakan bahwa pihaknya (Polri) sudah memiliki ketentuan-ketentuan sebagai pedoman menjaga netralitas dalam menghadapi Pilwako. "Setiap anggota harus mengikuti Undang-undang kepolisian bahwa tidak diperbolehkan mengikuti politik praktis," tegasnya.

Dijelaskan Noveriko, para anggotanya tidak diperbolehkan mengajak, mensosialisasikan kepada masyarakat untuk ikut memilih salah satu Pasangan Calon (Paslon), bahkan berfoto bersama paslon. "Selanjutnya, sebagai komitmen netralitas, kami (Polri,red) tidak diperbolehkan untuk berfoto dengan salah satu paslon, siapapun itu. Tentu akan ada sanksi jika ada yang melanggar," ungkapnya.

Dalam mengamankan jalannya masa kampanye yang dimulai 15 Februari besok, kepolisian juga telah melakukan pemetaan daerah mana yang rawan terjadinya konflik selama masa kampanye hingga pemungutan suara nantinya. "Kita sudah berkoordinasi dan memetakan daerah mana saja yang potensial terjadinya konflik, makanya potensi tersebut harus kita cegah lebih dulu," jelasnya.

Selanjutnya dirinya mengimbau para paslon agar tetap mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU selaku penyelenggara, sehingga Pilwako Pangkalpinang bisa berjalan damai, baik dan tertib. "Deklarasi adalah sebuah keterikatan moral, makanya kita harus saling bersinergi untuk mensukseskan Pilwako mendatang," tutupnya.



Penulis  : Apriliansyah
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com