Klikbabel.com


Harga Sotong Capai Rp65 Ribu hingga Rp75 Ribu per Kilogram

Rabu, 14 Februari 2018 | 15:09 WIB
(Net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang- Harga sotong atau Cumi pada pertengahan februari ini mencapai Rp65 ribu hingga Rp75 ribu per kilogram, salah satu pedagang, Sumina mengungkapkan keadaan ini membuat minat sotong menurun  drastis. "Harga sotong sekarang yang semakin tinggi membuat minat sotong berkurang," ungkapnya saat di temui Klikbabel.com, Rabu (15/2/2018).

Jika tahun lalu ia bisa menjual kurang lebih 20 sampai 30 kilogram sotong per hari, namun untuk awal tahun sampai pertengahan Februari saat ini ia hanya berani menyetok tidak sampai 15  kilogram per hari. "Kalau tahun lalu, bisa nyetok 20 sampai 30 kilogram per hari karerna harga masih murah, harga sotong pun paling mahal Rp40 ribu per kilo, namun dari awal tahun sampai sekarang harga sotong semakin meningkat, jadi saya tidak berani nyetok banyak-banyak," jelasnya.

Alasan dari mahalnya harga sotong saat ini di karenakan nelayan yang tidak berani melaut, sehingga hampir semua stok komoditas perikanan berkurang sehingga membuat harganya naik secara signifikan. "Penyebabnya karena nelayan tidak berani melaut, bukan cuma sotong saja yang naik, tapi semua hasil laut itu naik dari ikan, sotong, udang, kerang pokoknya semua naik, yang agak murah paling ikan air tawar kayak bandeng itu kalau gak salah Rp45 ribu per kilo atau lebih dari itu, itu juga udah termasuk mahal," terangnya.

Sumina pun berharap kondisi seperti ini cepat berlalu sehingga ekonomi bisa normal kembali. "Mudah-mudahan kondisi cuaca yang seperti ini cepat berlalu sehingga kondisi perekonomian pun cepat normal seperti dulu," harapnya.



Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com

Topik