• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cetak Sawah Baru di Basel Masih Terkendala Saluran Pengairan

Rabu, 14 Februari 2018 | 10:39 WIB
Rizal, Sekretaris Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan. (Foto : ist)

Klikbabel.com,Toboali - Meskipun program percetakan sawah baru terus dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan daerah dalam rangka menciptakan swasembada pangan nasional dan daerah, namun sebagian dari lahan persawahan baru di kabupaten Bangka Selatan (Basel) masih terkendala saluran pengairan (Irigasi) yang belum optimal, salah satunya di kecamatan Lepar Pongok.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Basel, Suhadi melalui Sekretaris Rizal. Meskipun demikian, menurut Rizal hasil panen sekelas sawah yang baru dicetak seperti di Lepar Pongok cukup menggembirakan. Menurutnya, dari 58 hektar luas lahan yang ditanam, 45 hektarnya sudah bisa panen dengan rata-rata hasil panen sekitar 4 ton gabah per hektar.

"Untuk di kecamatan Lepar Pongok ini meskipun irigasinya belum optimal, dari 58 hektar sawah yang ditanam, 45 hektarnya sudah bisa panen," ungkapnya, Selasa (13/2/2018).

Oleh karena itu, Rizal menambahkan, untuk memaksimalkan persawan di Basel, Pemkab Basel melalui dinas-dinas terkait telah merencanakan pembangunan saluran pembuang dan tanggul serta jalan usaha tani.

"Pemerintah daerah melalui dinas-dinas terkait akan terus fokus pada pembangunan saluran pembuang, tanggul dan jalan usaha tani agar persawahan di Basel dapat berfungsi dengan maksimal sehingga nantinya benar-benar mampu menghasilkan panen yang maksimal pula sehingga nantinya Basel sebagai lumbung pangan di BabelĀ  mewujudkan swasembada pangan daerah," bebernya.

Ia juga mengharapkan adanya dukungan yang berkelanjutan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi dalam mendukung terciptanya sarana dan prasarana persawahan yang lebih maksimal terurtama sistem pengairan yang selalu menjadi kendala utama.

loading...
loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com