Klikbabel.com


Bawaslu Gelar Deklarasi Damai Jelang Pilkada

Rabu, 14 Februari 2018 | 16:20 WIB Dibaca sebanyak 213 kali
Ketua Panwaslu Bangka, Qorri Ihsan saat diwawancarai sejumlah awak media (Rama/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Sungailiat - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung (Babel) bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bangka, Rabu (14/2/2018) sore menggelar deklarasi damai dengan fokus tema tolak politik uang serta politisasi Suku, Agama dan Ras (Sara) di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sungailiat.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka, Qorri Ihsan menjelaskan, digelarnya kegiatan tersebut untuk sekedar mengingatkan seluruh elemen masyarakat termasuk unsur stakholder terkait Pilkada Bangka. ''Memang serentak dilakukan diseluruh daerah, yang menggelar Pilkada. Ini memang instruksi Bawaslu pusat. Kita juga undang para calon untuk datang," jelasnya.

Selain itu, menurutnya deklarasi ini merupakan suatu upaya dari Panwas juga untuk mewujudkan Pilkada yang damai tanpa ada pelanggaran pelanggaran tertentu yang terjadi. ''Pokoknya kita tekankan untuk menolak politik uang kepada masyarakat, agar jangan ada yang melakukan hal tersebut, lebih tepatnya deklarasi damailah,'' ungkapnya.

Dilanjutkannya lagi, dengan dilakukannya kegiatan tersebut Panwas ingin melakukan pencegahan semua unsur yang dapat menyebabkan
perpecahan, seperti politisasi berbau Sara di lingkungan masyarakat. ''Ini bukan karena kita daerah rawan ya, melainkan Panwas ingin
melakukan pencegahan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa beginilah proses demokrasi sehat yang sebenarnya,'' tutup Corri.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com