• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Nur Rizkiana Berharap Pemerintah Dapat Merangkul UMKM Untuk Bisa Go Nasional

Selasa, 13 Februari 2018 | 14:22 WIB
Nur Rizkiana pengrajin keritcu Super Sindi (Dinda/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang- Nur Rizkiana pengrajin keritcu Super Sindi berharap kepada pemerintah untuk merangkul serta membina produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa Go Nasional. "Harapan saya pemerintah bisa merangkul serta membina pemasaran produk UMKM kita ini agar bisa sampai keluar wilayah Bangka contohnya seperti Jawa," tuturnya.

Salah satu caranya seperti di sediakannya galeri-galeri untuk makanan dan produk-produk khas Bangka, seperti di Yogya, Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota besar lainnya, sehingga produk UMKM Bangka di kenal oleh seluruh warga Indonesia. "Dengan cara di sediakan gerai-gerai di sana yang menyediakan makanan dan produk-produk khas Bangka daerahnya seperti di Yogya,Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota-kota lainnya, sehingga produk kita ini bisa Go nasional, nah setelah Go nasional baru kita coba pasarkan lagi ke tingkat Go internasional," jelasnya

Nur mengharapkan sistem yang sepertiĀ  ini bukan tanpa alasan, ia mengklaim produk-produk UMKM Bangka dari mulai makanan, minuman hingga kerajinan, semua itu bagus dan perlu di perkenalkan ke seluruh wilayah indonesia. "Produk-produk kita ini sebenarnya bagus-bagus, dari makanannya yang enak-enak, seperti keritcu,getas, Minuman juga, serta kerajinan tangan itu kan bagus-bagus, kalau sudah di pasarkan kesana, pasti bagus jadinya, apalagi produk-produk makanan kita itu enak-enak," harapnya.

Namun di ungkapkan Nur entah kenapa sistem tersebut belum terlaksana sampai sekarang, mungkin ada kendala dari pemerintah sendiri, sehingga UMKM Bangka masih belum menonjolkan produknya secara nasional. "Tapi sampai sekarang belum terlaksana, mungkin ada kendala, entah kendalanya apa saya juga tidak tahu, sehingga produk kita ini belum menonjol sampai keluar," ungkapnya.

Namun jika di lihat dari segi di adakannya sosialisasi, pelatihan kepada pendiri UMKM di nilai Nur sudah cukup sering untuk itu Nur ingin pemerintah lebih memfokuskan untuk pemasaran produk UMKM. "Untuk pelatihan sosialisasi Alhamdulillah sudah cukup sering, jadi di harapkan pemerintah lebih fokus saja ke pemasaran produk," tutupnya. (Dinda)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com