Klikbabel.com



Bermula Coba-coba, Kericu Sindi Berhasil Raih Kesuksesan

Selasa, 13 Februari 2018 | 12:55 WIB Dibaca sebanyak 206 kali
Pengrajin Kricu Sindi (Dinda/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang- Nur Rizkiana salah seorang pendiri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berhasil raih kesuksesan melalui keahliannya dalam mengolah telur cumi menjadi cemilan enak. Nur Rizkiana juga sebagai pendiri Keripik Telur Cumi (Kericu) Sindi ini mengungkapkan awal mula ia mendirikan usahanya yang hanya bermula dari coba-coba namun karena peminatnya banyak, maka kini menjadi usaha tetapnya. "Awalnya itu cuma coba-coba karena dulu itu kericu ini langkah," ungkapnya saat di temui Klikbabel.com, Selasa (13/2/2018).

Dengan memanfaatkan koperasi sekolah untuk pemasaran, ternyata produknya ini banyak diminati. "Dulu pertama-tama tidak langsung masuk ke toko, awal-awal itu saya masukin ke koperasi sekolah, dari SD,SMP, SMA, SMK dengan harga seribuan, dan ternyata Alhamdulillah banyak diminati, setelah itu baru berani masukin ke toko-toko," ceritanya.

Sebelum memasukan produknya ke toko-toko, ia terlebih membuat merk dari produk kericunya yakni dengan nama "Kricu Super SINDI", setelah itu beragam proses seperti mendaftarkan produknya untuk mempunyai sertifikat halal. "Kricu Super Sindi diambil dari nama anak saya Sindi. Mendaftarkan produk ke sertifikat halal, karena kan kalau mau masuk ke toko-toko harus mempunyai legalitas, harus di akuilah legalitasnya, dan bersyukur sekali pemerintah itu memudahkan dan di perhatikan usaha saya ini," jelasnya.

Dan sekarang ia bisa memasarkan produknya, ke semua wilayah Bangka. "Alhamdulillah sekarang produk saya ini, bisa saya pasarkan ke seluruh wilayah Bangka, dari Pangkalpinang, Sungailat, Toboali, dan lainnya," tuturnya.

Tidak hanya itu dari segi kualitas packing, kualitas kemasan, tanggal kadaluarsa, menurut Nur Rizkiana harus selalu di perhatikan karena jika lengah sedikit maka akan berdampak negatif untuk produk. "Dari segi kualitas, packing, dan tanggal kadaluarsa nya itu harus selalu di perhatikan, karena kalau lengah sedikit saja itu produk kita bisa jatuh, dan tidak di percayai orang lagi," tuturnya.

Ia menyebutkan, kesuksesan mengembangkan produknya tidak lepas dari peran PT Timah yang sudah memberikan bantuan pinjaman modal melalui program Mitra binaan PT Timah.

(Dinda)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com