• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rumah Subsidi Berkembang, Perumahan Komersil Justru Stagnan

Senin, 12 Februari 2018 | 09:24 WIB
(Net)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Peminat yang banyak membuat pasar perumahan subsidi di Bangka Belitung (Babel) saat ini sangat berkembang pesat, namun hal tersebut berbanding sebaliknya dengan perkembangan perumahan komersil saat ini.

Properti mewah ini, dikatakan oleh Sektretaris Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), Dymas Dwi Setya menyatakan pasar komersil sedang stagnan, karena daya beli masyarakat yang belum membaik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 
"Masyarakat lebih memilih mempunyai rumah subsidi. Jadi, perumahan komersil tak ada penjualan sama sekali," Sebut Dymas kepada Klikbabel.com, Sabtu (10/2/2018).

Terkait segmentasipun Dymas menyebut tak ada perbedaan mencolok. Pegawai negeri, maupun pekerja swasta, disebut Dymas cenderung membeli rumah subsidi dibandingkan harus membayar sewa atau kontrak rumah. "Cenderung konsumen lebih memilih membeli rumah subsidi dibandingkan mengontrak atau kos. Jika ada yang belum tergantung kemampuan masing-masing, mungkin masih ada cicilan atau tanggungan lainnya," kata Dymas.

Dymas menilai, siapapun tidak akan menolak tawaran rumah subsidi terutama segi fasilitas yang diberikan. Seperti model bangunan rumah cenderung komersil, ada tipe single, fasilitas lengkap, air PDAM, dan lokasi terjangkau dari kota. 

"Wilayah pembangunanya mayoritas di Kampak karena ruas tanah masih banyak dan harganya cocok, tetapi ada pula rumah subsidi di daerah lain. Setelah Kampak kemungkinan Tua Tunu akan dikembangkan untuk pembangunan rumah subsidi," terangnya.

loading...
loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com