Klikbabel.com


Gubernur Bahas Aset Sejarah Muntok Bangkitkan Wisata Heritage

Senin, 12 Februari 2018 | 16:09 WIB
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman saat diwawancarai beberapa waktu yang lalu (Ramandha/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Muntok - Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman membahas status aset di Muntok, Bangka Barat (Babar) yakni Pesanggrahan dan Wisma Ranggam, yang merupakan aset bersejarah yang pernah disinggahi Presiden pertama RI, Soekarno. Terkait hal itu, Erzaldi ingin menjadikan Wisma Ranggam sebagai lokasi wisata heritage.

Untuk itu, guna pemanfaatan aset bersejarah tersebut, Erzaldi ingin agar mengikuti aturan. Hal tersebut untuk mengindari terjadinya pelanggaran aturan hukum. Begitu juga dengan pemanfaatan rumah Tumenggung. “Kita akan menunjuk panitia untuk mengatur mengenai pemanfaatan sejumlah aset tersebut. Pembebasan aset nantinya harus dilengkapi dengan perjanjian,” kata Gubernur, Senin (12/2/2018).

Pembebasan juga akan dilakukan terhadap aset yang telah dikuasai masyarakat namun berada di dekat lokasi aset wisata. Gubernur menginginkan aset-aset tersebut dapat dimanfaatkan dengan membuat film dokumenter sebagai rekam jejak sejarah.

Hingga saat ini Muntok merupakan salah satu kabupaten di Babel yang mempunyai banyak peninggalan sejarah. Daerah ini pun merupakan bagian tujuan wisatawan dengan daya tarik sejarah.  Beberapa aset peninggalan sejarah di Muntok di antaranya, masjid Jamik, benteng Kute Seribu, kompleks makam Bangsawan Melayu, surau Tanjung, pesanggerahan Muntok dan kampong China dan sejumlah tempat lainnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / release