Klikbabel.com


Ombudsman RI Babel Terima Laporan Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg

Sabtu, 10 Februari 2018 | 11:34 WIB
(Net)

Klikbabel.com, Pangkalpinang- Kepala Perwakilan Ombudsmand RI Babel, Jumli Jamaludin mengatakan kepada Klikbabel.com, Jumat (9/2/2018) bahwa pihaknya menerima laporan dari masyarakat mengenai kelangkaan Gas Elpiji berukuran 3 Kg di wilayah Bangka dan Pangkalpinang. "Kita menerima laporan masyarakat terkait sulitnya mendapatkan Gas Elpiji berukuran 3 Kg untuk wilayah Bangka dan Pangkalpinang," ujarnya.

Menindaklanjuti laporan tersebut menurut Jumli, Ombusdman Babel akan mempersiapkanĀ  tim untuk melakukan investigasi lapangan dan juga melakukan pemantauan secara tertutup untuk mendapatkan data-data di lapangan. "Permasalahan ini merupakan kejadian berulang kali, tidak pernah tuntas meskipun masyarakat sudah mengeluhkan sedemikian rupa, makanya kita akan lakukan investigasi, kita kumpulkan data di lapangan," terangnya.

Selanjutnya Jumli menambahkan, lemahnya pengawasan dari pihak tertentu membuat kelangkaan Elpiji kembali terjadi. Menurutnya pihak pengawas harus memiliki kompetensi dalam hal ini. "Penyebabnya bisa jadi diantaranya yaitu kendornya pengawasan, makanya pengawas harus kompeten," imbuhnya.

Selain pengawasan Jumli juga menegaskan harusnya adanya penindakan yang tegas bagi pihak yang melanggar peraturan yang berlaku seperti menjual elpiji di atas HET (Harga Eceran Tertinggi). Namun menurutnya penindakan ini harus objektif dan tidak tebang pilih. "Harus ada penindakan tegas, kalau tidak ada pengawasan dan penindakan, maka kejadian ini akan terus berulang," bebernya.

Selain itu Ombudsmand RI Babel juga menyoroti mekanisme peruntukan gas elpiji. Menurutnya, harus ada pendataan yang lebih baik agar distribusi tidak salah sasaran. Sebagaimana diketahui pengguna gas elpiji 3 Kg adalah dari kalangan kurang mampu, dan kelompok usaha kecil atau informal. "Pemerintah harus melakukan identifikasi secara benar dan akurat, jangan sampai distribusi salah sasaran. Harus adanya pendataan secara akurat," tukasnya. (Apriliansyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com