Klikbabel.com


Izin PIRT Belum Banyak, Produk UMKM Babar Belum Bisa di Ekspor

Jumat, 09 Februari 2018 | 11:23 WIB
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Zakaria (Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Muntok - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Zakaria mengatakan saat ini produk - produk UMKM yang ada di Bangka Barat belum bisa di ekspor ke luar negeri.

"Kita belum bisa mengekspor produk - produk UMKM kita seperti apa yang diinginkan oleh Presiden," kata Zakaria saat ditemui Klikbabel.com.

Zakaria menyebutkan hal itu disebabkan oleh belum banyaknya izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) yang ada di Bangka Belitung. "Izin PIRT belum banyak se - Babel ini dan ini mau difasilitasi izinnya oleh Provinsi Babel dan yang punya wewenang untuk mengeluarkan izin itu adalah Dinas Kesehatan," terang Zakaria.

Lebih lanjut, Zakaria menuturkan Provinsi Babel juga sudah mempunyai program untuk fasilitasi PIRT. "Udah ada programnya fasilitasi yaitu 10 untuk usaha nutrisi seperti restoran dan 60 untuk UKM yang lainnya misalnya kerupuk yang belum ada izinnya nanti di sosialisasi nanti diberikan izin," tutup Zakaria.



Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com