• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cuaca Ekstrem Pedagang Naikkan Harga Ikan Asin

Jumat, 09 Februari 2018 | 15:37 WIB
Ikan asin yang dijual di Pasar Pembangunan Pangkalpinang (Dinda/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang- Cuaca Ektrem yang berkepanjangan membuat pasokan ikan Bangka Belitung (Babel) semakin hari semakin berkurang, kondisi ini juga berdampak pada harga ikan asin yang terpaksa di naikkan para pedagang. "Cuaca ekstrem gelombang tinggi, buat pasokan ikan kita ke Bangka jadi sedikit sehingga berpengaruh terhadap pasokan ikan asin. Jadi terpaksa kita naikkan harganya," jelas Deza pedagang ikan asin saat di temui di lapaknya, Jumat (9/2/2018).

Hampir semua ikan asin naik dan rata-rata naiknya mencapai Rp5 ribu, seperti ikan asin dencis dari harga awal yang hanya Rp35 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp40 ribu per kilogram, begitu juga dengan ikan belanak naik hingga Rp50 ribu dari harga sebelumnya Rp45 ribu, bulu ayam Rp50 ribu,ciu Rp35 ribu dan dencis rebus Rp40 RibuĀ  semua jenis ikan asin tersebut naik hingga 5 ribu. "Semua ikan naik, rata-rata naiknya Rp5 ribu. Harga yang ditetapkan masih dapat berubah-ubah," jelasnya

Selain faktor cuaca ektrem, naiknya harga ikanpun semakin di tunjang karena harga garam yang mahal. "Selain itu harga garam juga berpengaruh, harga garam yang sekarang ini mahal membuat para produsen ikan asin juga terpaksa naik harga, jadi ya berimbas ke kita juga," tutupnya. (Dinda)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com