Klikbabel.com


Bawaslu Ingin Media Netral Dalam Melakukan Peliputan

Jumat, 09 Februari 2018 | 09:11 WIB Dibaca sebanyak 190 kali
Rapat Dalam Kantor (RDK) Panwaslu Kabupaten Bangka, bersama para pelaku media (Rama/Klikbabel)

Klikbabel.com, Sungailiat - Dalam Rapat Dalam Kantor (RDK) yang digelar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bangka, yang membahas tentang Etika Pemberitaan dan Kebutuhan Informasi dalam berita Pilkada Kabupaten Bangka tahun 2018, Zulterri Assupi selaku Mantan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Belitung menyampaikan, kenetralan media dalam mempublikasikan berita menjadi hal penting dan tidak memihak salah satu pelaku politik kedepannya.

''Kita mengharapkan, yang dalam hal ini kawan kawan pers kedepannya dapat memberikan informasi yang berimbang dalam segala hal terkait pemilu tahun ini,'' jelasnya, Kamis (8/2/2018).

Ia melanjutkan, pelaku media juga diharapkan dapat membantu prihal pengawasan terhadap media sosial (Medsos) tentang konten maupun hal yang dapat mencederai proses pilkada. ''Kita juga meminta kepada para pelaku media untuk bersama sama mengawasi proses pilkada tahun ini maupun pemilu legislatif kedepan nanti,'' ungkapnya.

Selain itu, Zulterri juga membahas tentang kriteria pemberitaan dalam sinergitas panwas bersama pelaku media prihal dua jenis berita, yakni bersifat terbuka, dan berita tertutup. ''Jenis pemberitaan di kita juga nanti ada dua, dan saya harap kawan kawan media mengetahui. Di Kita ada berita tertutup yakni berita yang proses penyelesaiannya apabila terdapat suatu kasus belum terselesaikan yang belum boleh dipublikasikan,'' tuturnya.

Sementara itu, Rusdiar, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Babel, menyampaikan harapannya agar pemberitaan para pelaku media yang akan memproduksi pemberitaan selama proses pilkada harus sesuai dengan PKPU.

''Disitu ada beberapa aturan terkait pilkada. Kita memahami setiap opini dalam pemberitaan media, sangat mendapat perhatian khusus, karena ketika opini tersebut sampai, masyarakat biasanya langsung akan mencerna. Jadi peran media untuk mengedukasi masyarakat sangat diharapkan,'' tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com