Klikbabel.com



Selain Bantuan Modal, Program Kemitraan PT Timah Juga Bantu Promosikan Produk UMKM

Kamis, 08 Februari 2018 | 10:34 WIB Dibaca sebanyak 293 kali
Hera, pemilik UMKM Mirrando sirup jeruk kunci. (Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Selain kemudahan dalam akses bantuan modal yang didapatkan, program kemitraan PT Timah juga sangatmembantu dalam hal pemasaran produk. Hal ini diungkapkan Hera, selaku pemilik usaha sirup jeruk kunci kepada Klikbabel.com, Rabu (7/2/2018) dikediamannya.

"Saya sangat merasakan manfaatnya ketika menjalin kemitraan dengan PT Timah, terkait pemasaran produk, kebetulan kita sudah pernah diikutsertakan dalam pameran yang diselenggarakan oleh PT Timah hingga ke luar kota," imbuhnya.

Selain itu menurutnya, PT Timah juga memberikan pelatihan dalam pengelolaan UMKM. "Kita sering mendapatkan pelatihan. Bagaimana mengelola sebuah usaha dari sisi produksi, sampai dengan kemasan," imbuhnya.

Hera menuturkan, dengan seringnya diikutsertakan dalam kegiatan pelatihan baik dalam kegiatan pameran atau pelatihan jelas akan menambah ilmu dan wawasan pelaku usaha sendiri tersebut. "Saya jujur, awalnya tidak tahu apa-apa, tapi dengan seringnya ikut pelatihan dan pembinaan dari PT Timah, akhirnya bisa banyak dapat ilmu dan pengalaman," akunya.

Dirinya menambahkan, bahwa sirup jeruk kunci hasil produksinya pernah ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan seminar kewirausahaan ikatan istri BUMN. "Dulu pernah ikut dalam kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh ikatan istri BUMN pas itu diajak oleh PT Timah," imbuhnya.

Hera mengakui, dirinya juga menjalin kemitraan ke Pemerintah untuk mengelola usahanya. "Jujur dengan program kemitraan, dari PT Timah atau Pemerintah, kita pelaku UMKM benar-benar mendapatkan berbagai macam kemudahan, sehingga kita mempunyai semangat untuk terus berkembang," ungkapnya.

Saat ini produk hasil olahan perasan jeruk kunci tersebut sudah dilirik oleh Supermarket besar yakni Indomaret. "Alhamdulillah berkat kemudahan akses, yang kami dapatkan sebagai pelaku UMKM, dan juga pelatihan maupun pembinaan, hari ini saya diminta untuk mengirimkan sampel sirup kunci ke Indomaret, saya sangat bersyukur sekali," tuturnya.(Apriliansyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com