• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Bangka Ingin Desa Mempunyai Produk Unggulan

Kamis, 08 Februari 2018 | 16:47 WIB
Salah satu produk olahan makanan yang ada di Kabupaten Bangka. (Foto : Ramandha/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Sungailiat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka terus menggiatkan program yang meningkatkan perekonomian serta pemberdayaan masyarakat, hal tersebut terlihat disampaikan oleh Bupati Bangka, H Tarmizi Saat, Kamis (8/2/2018).

Ia mengatakan, suatu cara yang dapat memajukan desa salah satunya dengan memberdayakan potensi desa, seperti pengolahan pangan dan lainnya. "Masyarakat desa bisa memberdayakan potensi ekonomi, salah satunya dengan menciptakan suatu produk yang kreatif," jelasnya.

62 desa di kabupaten Bangka juga diharapkan dapat menciptakan produk unggulan desa untuk menjadi ikon dan menjadi karakter desa tersendiri. "One village one product dapat terwujud di setiap desa di kabupaten Bangka, dan beberapa desa juga sudah mulai menghasilkan produk unggulan, seperti air sirup, salai ikan, dan lainnya,'' ungkapnya.

Selain itu, ia juga menginginkan produk unggulan yang dihasilkan desa-desa di wilayah kabupaten Bangka sesuai dengan potensi dan sumber daya yang ada di desa terkait. Sampai saat ini, juga terdapat beberapa desa di kabupaten Bangka sudah mempunyai produk unggulan seperti desa Air Duren dan Mendobarat ada sirup nanas, salai nanas, Bakam ada gula merah, Pangkal Niur, sirup jeruk kunci, dan desa desa lainnya. 

"Semoga semua ini bisa mendukung kemandirian masyarakat dan memberdayakan masyarakat dalam menghadapi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) juga kedepan,"tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com