• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Mirrando, Sirup Jeruk Kunci Kaya Manfaat

Kamis, 08 Februari 2018 | 09:54 WIB
Hera, selaku pemilik usaha sirup jeruk kunci, (Apriliansyah/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Mirrando adalah sebuah produk UMKM hasil olahan perasan jeruk kunci yang kaya manfaat. Sirup jeruk kunci dikemas dalam botol dengan berbagai macam ukuran, Hera ketika ditemui Klikbabel.com, Rabu (7/2/2018) selaku pemilik usaha ini menuturkan, ide awalnya bermula saat ia melihat begitu banyak jeruk kunci yang bisa ditemukan di sekitar kediamannya. 

"Ide awal tercetus saat saya melihat banyaknya jeruk kunci disekitar kami, saya berpikiran mengapa tidak dibuat sirup saja, biasanya kita sudah sering minum es jeruk kunci," beber Hera yang menjadi mitra binaan PT Timah.

Selanjutnya Hera menambahkan, untuk produksi sirup jeruk kunci sendiri tidak terlalu sulit, ditambah lagi ketersediaan jeruk kunci yang mudah didapatkan. Hera mengatakan, awalnya hanya memproduksi sirup kunci hanya sendirian, namun karena tingginya permintaan dirinya sekarang telah memperkerjakan pegawai sebanyak tiga orang. "Awalannya produksi secara sendirian, dibantu suami. Alhamdulillah, sekarang sudah ada karyawan yang bantu," imbuhnya.

Hera sangat memperhatikan kualitas jeruk kunci sendiri sebagai bahan pokoknya. Jeruk kunci yang memiliki tingkat kematangan sempurna biasanya menjadi pilihan. "Kita selektif dalam hal pemilihan jeruk, kita pilih yang matangnya sempurna jadi segar, tidak yang sudah matangnya kelewatan sampe kuning atau kehitaman, nanti hasil produksinya tidak bagus," terangnya.

Menurutnya, awal mula pemasaran sirup jeruk kunci cukup mendapat sambutan yang baik dipasaran kala ia menitipkan produknya dibeberapa toko oleh-oleh di kota Pangkalpinang, dan cukup diminati wisatawan. "Pangsa pasar saya awalnya memang wisatawan, makanya saya titipkan di toko oleh-oleh yang ada di kota Pangkalpinang, rupanya banyak yang terjual besoknya yang punya toko pesan lagi," imbuhnya.

Dari segi khasiat menurutnya, berdasarkan hasi uji di Balai Besar Industri Argo Bogor (BBIA) silam, jeruk kunci sendiri memiliki khasiat seperti memperlancar pencernaan, menjaga imunitas tubuh disaat pilek maupun batuk, juga antioksidan yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi semua kalangan. "Berdasarkan hasil uji, waktu dulu di BBIA. Jeruk kunci sendiri memang kaya manfaat, antara lain untuk pencernaan, pas lagi batuk pilek juga bagus dikonsumsi," imbuhnya.

Untuk harga Sirup jeruk kunci sendiri sangat terjangkau, untuk tiap kemasan berbeda harganya, adapun harga dimulai dari Rp6 ribu kemasan botol kecil siap minum, hingga seharga Rp20 ribu untuk sirup jeruk kunci kemasan 250 ml. (Apriliansyah)

loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com