Klikbabel.com


400 Hektar Lahan Pasca Tambang akan Direklamasikan Tahun Ini

Kamis, 08 Februari 2018 | 15:44 WIB
Direktur Utama PT Timah bersama jajaran Polda Babel melakukan penanaman pohon sebagai kegiatan reklamasi lahan eks tambang di desa Bencah, Basel. (Foto : Yodea Putri/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - PT Timah Tbk yang bergerak di bidang pertambangan atau eksplorasi timah akan menjalankan 400 hektar program reklamasi yang dilakukan pada tahun 2018 ini guna menata, memulihkan, memperbaiki kualitas lingkungan dan ekositem agar dapat berfungsi kembali sesuai dengan peruntukannya.

"Tahun ini program kami 400 hektar akan jalan. Di lokasi ini (Desa Bencah,red) luasnya 27 hektar sudah kita tanami 2,5 hektar. Kami berharap akan kita selesaikan program reklamasi untuk rencana tahun ini," ujar Direktur Utama PT Timah Tbk, Reza Pahlevi saat diwawancarai wartawan disela-sela kegiatan reklamasi Bhabinkatibmas Go Green, Kamis (8/2/2018).

Terkait jaminan dana reklamasi untuk tahun ini disebutkan Reza, akan disiapkan sebesar Rp12 Milyar di seluruh wilayah lahan pasca pertambangan di Babel. "Program jaminan dana reklamasi tahun ini Rp 12 Milyar. Jadi, untuk 5 tahun sebesar Rp 60 Miliyar di seluruh wilayah Babel. Telah dimulai sejak 2015 berarti hingga 2020," sebutnya.

Reza juga menjelaskan program pihaknya bermula pada eksplorasi, penambangan dan tentu akan diakhiri oleh reklamasi. "Kita punya program mulai dari eksplorasi si penambangan dan ditutup dengan reklamasi. Kalau misalnya belum kembali kenegara berarti masih kewajiban kami untuk mereklamasi. Kami belum bisa mengembalikan lahan ini kenegara. Kalau reklamasi pasca tambang belum selesai dan belum diterima oleh negara," jelasnya.

Bahkan, Reza juga mengaku akan mekakukan treatment terlebih dahulu sebelum dilakukan reklamasi lahan pasca penambangan itu. "Setelah tambang kita melakukan treatment seperti dirapikan dulu, diratakan dulu tanahnua baru dilakukan reklamasi," terangnya.

Ia juga berharap agar dijalankan reklamasi keenam ini dapat memberikan manfaat nilai ekonomis dan lahan pasca pertambangan akan kembali pulih, untuk masyarakat pun dihimbau agar dapat menjaganya. "Kita sekarang mengarah kombinasi dalam jangan pendek dan jangka panjang. sehingga proses berjalan sudah bisa menikmati," tukasnya.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com