Klikbabel.com


Wabup : Tipikor Harus Diberantas Dengan Sungguh - Sungguh

Rabu, 07 Februari 2018 | 09:33 WIB
Penyerahan cenderamata saat seminar perbandingan hukum penanganan perkara tindak korupsi di Amerika Serikat dan Indonesia (Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Muntok - Wakil Bupati Bangka Barat, Markus saat menghadiri seminar perbandingan hukum penanganan perkara tindak korupsi di Amerika Serikat dan Indonesia mengatakan tindak pidana korupsi di Indonesia sudah meluas dalam masyarakat. 

Menurutnya, perkembangannya meningkat dari tahun ke tahun. Meningkatnya tindak pidana korupsi yang tidak terkendali akan membawa bencana terhadap perekonomian nasional.

"Tindak pidana korupsi merupakan pelanggaran terhadap hak sosial dan hak ekonomi masyarakat. Tindak pidana korupsi telah menjadi suatu kejahatan yang luar biasa," ujar Markus dalam sambutannya, Selasa (06/02/2018).

Lebih lanjut, dirinya mengatakan tindak pidana korupsi tidak harus mengandung secara langsung unsur merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, misalnya suap menyuap yang merupakan perbuatan tercela adalah penyalahgunaan kekuasaan, perilaku diskriminatif dengan memberikan keuntungan finansial.

Menyadari kompleksnya permasalahan korupsi di tengah - tengah krisis multidimensional serta ancaman nyata yang pasti terjadi, yaitu dampak dari kejahatan ini.

"Maka tindak pidana korupsi dapat dikategorikan sebagai permasalahan nasional yang harus dihadapi secara sungguh - sungguh melalui langkah - langkah yang tegas dan jelas dengan melibatkan semua potensi yang ada dalam  masyarakat khususnnya pemerintah dan aparat penegak hukum," katanya.

Dengan begitu penegakan hukum pada dasarnya melibatkan seluruh warga negara Indonesia dan penegakan hukum tersebut dilakukan oleh aparat yang berwenang. 

"Aparat negara yang berwenang dalam pemeriksaan perkara pidana adalah aparat Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan," tukas Markus.



Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com

Topik