Klikbabel.com


Disperindag Dukung Legalitas Pom Mini

Selasa, 06 Februari 2018 | 15:26 WIB
Ketua APPMI Babel Darmayanto (Tengah) (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Mengingat maraknya perdistribusian pom mini ilegal yang ada di Bangka Belitung (Babel), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar audiensi dengan Aliansi Pengusaha Pom Mini Indonesia (APPMI), Selasa, (6/2/2018) di Ruang Kabid Disperindag Babel.

Hal tersebut guna mengembangkan pom mini yang legal di Babel sekaligus mendorong pemerintah daerah di Babel untuk membangun Sub penyalur dengan menerapkan aturan Sub penyalur yang sesuai perundang-undangan yang berlaku.
"Karna ini kan ada aturannya jadi kita tetap sesuai aturan, namun akan kita perkuat nanti dengan aturan di daerah," kata Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Diseperindag Babel, Reinaldy dalam audiensinya.

Reynaldi pun memberikan dukungannya untuk membangun pom mini yang legal. "Kita support APPMI untuk membangun pom mini yang legal, namun sesuai dengan aturan-aturannya," ucapnya.

Sementara itu, Ketua APPMI Babel Darmayanto menjelaskan terkait miskomunikasi yang selama ini terjadi antara pelaku usaha pom mini yang legal dengan pemerintah maupun aparat.  "Kita di sini untuk menjelaskan bagaimana sebenarnya aturan pom mini tersebut agar tidak disamaratakan apalagi APPMI sudah memegang legalitas dispenser yang ber ITP," kata Darmayanto.

Legalitas dispenser tersebut menurutnya merupakan salah satu persyaratan pendirian pom mini atau Sub penyalur yang saat ini hanya dimiliki oleh APPMI sehingga dalam hal ini APPMI juga berhak untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pom mini yang tidak sesuai perundang-undangan yang berlaku.

"Maka kita dengan Disperindag sepakat untuk mengembangkan ini agar jelas mana yang legal mana yang tidak dan alat yang belum legal akan dibina untuk diupgrade menjadi legal," tuturnya.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com