• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Petani Lada Lesu Harga Lada Anjlok

Senin, 05 Februari 2018 | 09:36 WIB
Lada milik Suai petani lada Desa Balun Ijuk (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Harga lada kini kian merosot yakni di angka Rp 58 ribu perkilogram. Hal tersebut menjadi masalah yang tak kunjung reda bagi petani lada yang ada desa, terutama yang berada di Kecamatan Merawang.

Petani lada meminta pemerintah untuk segera menyikapi kondisi merosotnya nilai jual lada tersebut. "Siapa lagi yang bisa mendengarkan keluhan kami, tentunya harga lada saat ini kian merosot tak sebanding dengan beberapa kebutuhan pokok yang saat ini malah naik terus," kata salah seorang petani lada di Balun Ijuk Suaimi atau yang biasa disapa Suai Kepada Klikbabel.com, Minggu (4/2/2018).

Menurutnya, harga yang kini turun dari harga Rp67 ribu per kilogram menjadi Rp58 ribu per kilogram sangat jauh dari harapannya. Beberapa tahun yang lalu harga lada kala itu sangat tinggi justru membangkitkan gairah petani dalam mengembangkan budidaya salah satu bahan bumbu dapur. "Dulu harga lada atau sahang mahal, tapi sekarang turun terus, kami pun timbul lesu," aku Suai.

Ia juga berharap adanya upaya dari pemerintah menjaga kestabilan harga. Agar membangkitkan kembali semangat para petani lada untuk mengembangkan budidaya bumbu dapur tersebut.

"Semoga pemerintah dapat menangani harga lada. Kalau bisa stabil terus, malahan semakin hari semakin turun. Tetap berharaplah petani-petani lada dapat sejahtera," ucap Suai.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com