Klikbabel.com


Pemprov Babel Tetrtibkan Data UMKM Berdasarkan Sektor

Senin, 05 Februari 2018 | 12:31 WIB
Elfiyana selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel (Dinda)

Klikbabel.com,Pangkalpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Koperasi dan UMKM Babel akan menertibkan data UMKM berdasarkan sektornya masing-masing. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tidak  hanya tergolong pada jenis usaha olahan makanan saja,  tapi usaha seperti penyediaan jasa dan pendidikan pelatihan, seperti bengkel motor, tukang cukur, dan seperti tempat-tempat les dan sebagainya. Hal tersebut di ungkapkan Elfiyana selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel saat di temui Klikbabel.com, Senin (5/2/2018).  "Yang nampak di kita ini adalah makanan olahan saja, padahal banyak jenis UMKM lainnya seperti penyediaan jasa dan lembaga pelatihan di sektor pendidikan itu kan termasuk UMKM juga, seperti bengkel motor, tukang cukur dan pelatihan-pelatihan itu termasuk dalam UMKM," jelasnya.

Untuk itu pihak Koperasi sendiri mencoba untuk menertibkan data dengan cara merapikan data untuk di masukan ke sistem Online Data Sistem (ODS) tidak hanya itu pihaknya juga harus mempunyai data base yang valid. "Pihak kami untuk sekarang kita mencoba menertibkan hal ini, dengan cara melalukakn penertiban dan merapikan dan di masukan ke sistem ODS dan kita juga harus harus punya data base yang valid," jelasnya.

Dari hasil penertiban itu maka baru didapatkan hasil data dan pembagian dari sektor masing-masing UMKM, seperti sektor makanan, perikanan dan pertanian, kelautan dan akan di rapikan, karena kementrian juga sudah berjanji jika sistem ODS itu 100 persen selesai anggaran akan di naikan. "Nanti di situ ada sektor masing-masing, ada sektor makanan ada yang perikanan, pertanian, kelautan, dan nanti kita coba rapikan data itu, dan akan kita kelompokkan berdasarkan sektornya, karna kementrian sudah berjanji kalau ODS itu 100 persen beres anggaran akan di naikan mereka," tutupnya. (Dinda)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com