Klikbabel.com


Kerang Dara Krispi Diproyeksikan Jadi Makanan Khas Bangka

Senin, 05 Februari 2018 | 16:44 WIB
Kepala Dinas Perikanan, Dedi Muchdiyat saat diwawancarai wartawan.(Foto : Riski Yuliandri/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Koba - Dinas Perikanan Bangka Tengah (Bateng) akan memanfaatkan potensi kerang dara sebagai salah satu produksi yang akan menjadi makanan khas daerah. Kerang dara yang banyak didapat di daerah tanjung pura, Sungaiselan tersebut akan diolah berbentuk krispi dan menjadi makanan ringan.

"Biasanya orang tau siput gonggong, nanti kita buat makanan serupa tapi dari kerang dara," ungkap Kepala Dinas Perikanan, Dedi Muchdiyat, Senin (5/2/2018). Selain dapat menjadi makanan khas Bangka, dengan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Bateng tersebut, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar terutama nelayan kerang dara.

Menurut Dedi, untuk membuat satu kilogram kerang dara krispi akan membutuhkan 25 kilogram kerang segar. "Untuk satu kilo kerang jadi (krispi), kita butuh 25 kilo kerang, jadi nelayan kerang kita tidak perlu jual jauh lagi. Ekonomi masyarakat juga pasti akan terbantu kalau ini sudah jalan," terangnya.

Ia mengatakan, program itu baru akan dilaksanakan pihaknya sekitar Maret atau April 2018 mendatang. "Rencananya bulan Maret atau April ini. Kita masih melakukan percobaan dan sosialisasi dulu ke masyarakat dan nelayan kita yang ada disana. Tapi saya yakin usaha kerang dara krispi ini pasti menguntungkan," tambah Dedi.



Penulis  : Riski
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com