Klikbabel.com


Ramzi : TPS 3R Berdampak Ekonomi Terhadap Masyarakat Bangka

Minggu, 04 Februari 2018 | 03:03 WIB
Lurah Sri Menanti, Ramzi.(Foto : Ramandha/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Sungailiat - Hadirnya Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce and Reycle (TPS 3R) Sri Menanti Jaya, yang berada di kelurahan Sri Menanti, memberikan solusi untuk masalah sampah bagi masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Lurah Sri Menanti, Ramzi kepada klikbabel.com, Sabtu (3/2/2018).

Ramzi mengatakan, selain untuk meminimalisir keberadaan sampah, kehadiran TPS 3R juga berdampak ekonomi terhadap masyarakat. ''Sampai saat ini masih berjalan dan melakukan produksi. Dampaknya kita rasakan, seperti dibukanya lapangan pekerjaan baru, khususnya bagi warga kelurahan Sro Menanti," jelasnya, Sabtu (3/2/2018).

Menurut Ramzi, hingga saat ini juga TPS 3R mempekerjakan 6 orang di berbagai bagian teknis pengelolaan sampah tersebut. Mereka sendiri bertugas mengolah sampah tersebut, didaur ulang menjadi pupuk komfos untuk sampah organik, serta an organik dipilah untuk dimusnahkan. "Kita berkoordinasi juga dengan Bank sampah Sri Menanti Berkarya, untuk menampung sampah an organik tersebut," katanya.

Sementara itu, hingga saat ini TPS 3R Sri Menanti Jaya sudah mengambil sampah yang ada disejumlah rumah warga untuk dikelola menjadi komfos. Untuk komfos hasil produksi TPS 3R Sri Menanti Jaya sendiri dihargai dengan seharga Rp25 ribu per kilogramnya. ''Baru baru ini, kita juga baru menyelesaikan komfos pesanan Pak Bupati, itu jumlahnya 2 ton dan yang baru kita antar kepada Pak Bupati sebanyak 1 ton," tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com