• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cabai Rawit Naik, Ternyata Ini Penyebabnya

Minggu, 04 Februari 2018 | 02:33 WIB
Salah satu distributor bumbu dapur H. Awi di pasar Atrium kota Pangkalpinang. (Foto : Yodea putri/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Beberapa jenis bumbu dapur di kota Pangkalpinang pada awal bulan Februari berangsur stabil dan normal seperti biasanya jika dibandingkan beberapa bulan yang lalu. 

Salah satu pemilik distributor bumbu dapur H. Awi di pasar Atrium, Pangkalpinang, Nanda menyebutkan tidak adanya lonjakan harga komoditi pangan bumbu dapur tersebut untuk saat ini kecuali cabai rawit. "Untuk yang lainnya normal. Hanya saja cabai rawit saat ini naik menjadi Rp39 ribu dibandingkan minggu lalu Rp35 ribu per kilogram," sebutnya saat ditemui klikbabel.com, Sabtu (3/2/2018).

Ia juga menjelaskan, untuk cabai merah sendiri mengalami penurunan Rp40 ribu per kilogramnya jika dibandingkan minggu lalu yakni Rp42 ribu per kilogram. "Jika untuk bawang merah masih stabil seperti biasanya Rp20 ribu per kilogram sama halnya dengan bawang putih Rp18 ribu per kilogram," jelasnya.

Terkait penyebab adanya kenaikan cabai rawit, Nanda juga menerangkan terkadang faktor pasokannya terbatas. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengharuskan pengiriman melaui transportasi udara.

"Karena cuaca saat ini belum stabil, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mau cepat sampainya pakai pesawat, jadi besar biaya produksi. Namun, biar mahal dikit tapi barang bagus," terangnya.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com