Klikbabel.com


KPU Bangka Gelar Berita Acara Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2019

Sabtu, 03 Februari 2018 | 08:46 WIB Dibaca sebanyak 235 kali
Suasana kegiatan berita acara verifikasi Parpol peserta Pemilu 2019 (Rama/Klikbabel)

Klikbabel.com, Sungailiat - Kegiatan penyerahan Berita Acara verifikasi Faktual Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019, digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka, Jumat (2/2/2018).

Ketua KPU Kabupaten Bangka, H Zulkarnain seusai kegiatan mengatakan, KPU dalam kegiatan ini menyampaikan berita acara hasil dari verifikasi Parpol yang telah dilakukan sebelumnya dengan mendatangi kantor masing-masing Parpol tersebut. ''Kami melakukan verifikasi untuk kepengurusan, seperti ketua, sekretaris dan bendahara partai yang merupakan keharusan dari proses tersebut,'' jelasnya.

Ia melanjutkan, proses juga berlanjut dengan mengetahui jumlah kepengurusan seperti genre keanggotan pada Parpol calon peserta
pemilu 2019. Pada pemilu 2019 Kabupaten Bangka nantinya juga akan diramaikan oleh 15 Parpol yang terdiri dari 13 Parpol lama serta 3 Parpol baru di Kabupaten Bangka, seperti Partai Berkarya, Garuda dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

''Berdasarkan keputusan MK memang 3 partai baru itu sudah boleh diverifikasi. Sebelumnya 3 partai tersebut belum boleh untuk dilakukan verifikasi, akan tetapi setelah ada pemberitahuan serta keputusan dari MK baru kita lakukan verifikasi,'' ungkapnya.

Dilanjutkannya lagi, segala keputusan tentang kelayakan suatu Parpol memang berada pada KPU pusat dan KPU Bangka dalam hal ini selalu melakukan koordinasi prihal verifikasi ataupun hal lainnya menyangkut seluruh tahapan pemilu, khususnya di Kabupaten Bangka. ''Itu semuanya tergantung KPU Pusat. Kami sebenarnya membantu KPU Pusat untuk memverifikasi Parpol yang ada di daerah,'' tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com