Klikbabel.com


Pemkab Basel dan Pemdes Jeriji Gotong Royong Bersih Sampah

Jumat, 02 Februari 2018 | 11:42 WIB Dibaca sebanyak 339 kali
Pemkab Basel bersama warga desa Jeriji saat melakukan gotong royong membersihkan lingkungan desa. (Foto : Wiwin Suseno/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Penduduk Lingkungan Hidup (DPPPLH) Basel bersama Pemdes,BPD, Perangkat Desa, guru dan pelajar dari SDN 18 Toboali dan SMPN 5 Toboali dan masyarakat Jeriji, Jumat (2/2/2018) melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di desa Jeriji kecamatan Toboali.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) tehitung 21 Januari-21 April 2018, untuk menyambut hari Nasional Bebas Sampah 2018. Selain melakukan kegiatan gotong royong, DPPLH Basel juga melakukan sosialisasi tentang sampah dan pengelolaanya.

Menurut Effendi Ali, Kepala DPPPLH Basel dalam sambutannya mengatakan, program pengelolaan sampah merupakan programa nasional yang sudah diatur oleh Pemerintah Pusat melalui Peraturan Presiden (Perpres). "Program pengelolaan sampah ini kan sudah diatur dalam Perpres Nomor 97 tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga agar Lebih Bermanfaat dan Lingkungan Menjadi Bersih," jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh warga agar bijak dalam mengelola sampah dan terus menjaga kebersihan lingkungan terutama pekarangan rumah masing-masing. "Mulailah menjaga kebersihan lingkungan dari lingkungan kita masing-masing dan sampahnya dikelola dengan baik agar bisa memberikan manfaat," ajaknya.

Sementara itu, Kepala Desa Jeriji A. Iswandi, SP mengajak seluruh masyarakat Jeriji untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. "Gotong royong seperti ini harus terus kita galakkan secara rutin dan kontinue agar kebersihan desa kita terus terjaga. Dengan kegiatan gotong royong seperti ini juga bisa memperat tali silaturahmi antar Pemdes dan warga yang selama ini mulai terkikis," katanya.

Menurutnya, Kades yang baru dilantik pada 30 Januari 2018 lalu, pihaknya akan terus bersinergi dengan program Pemkab Basel dalam mengelola desa seperti pengelolaan sampah dan pengembangan pariwisata desa.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com