Klikbabel.com


Dinas Pangan Babel Menggalakkan Konsumsi Buah

Kamis, 01 Februari 2018 | 14:11 WIB
Kepala Dinas Pangan Provinsi Babel, Ahmad Damiri (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) saat ini sedang menggalakkan program gerakan konsumsi buah, sayuran, umbi-umbian guna untuk memberikan keseimbangan gizi kepada masyarakat Babel.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Babel, Ahmad Damiri mengatakan dalam hal ini Dinas Pangan diberikan sasaran menurunkan angka konsumsi beras atau padi Satu persen dan meningkatkan kesadaran untuk mengkonsumsi buah-buahan.

"Jumlah makan beras atau padi harus dikurangi karena tidak berimbang, supaya bagaimana karbohidrat tidak hanya didapatkan dengan padi kalau bisa dengan yang lain seperti umbi-umbian, terlebih lagi tingkat konsumsi buah di masyarakat masih rendah," kata Ahmad Damiri kepada Klikbabel.com, Kamis (1/2/2018).

Damiri juga menilai jika hal ini tidak digalakkan, maka dikhawatirkan masyarakat Babel mudah diserang penyakit menular, bahkan tingkat kecerdasan dan fisik generasi Babel kurang baik. "Jadi penyakit gizi ganda disalah satu pihak ada kurang gizi, ada satu pihak kelebihan gizi atau obersitas sehingga masyarakat seperti ini mudah terserang penyakit," ujarnya.

Menurut Damiri ada baiknya konsumsi nasi sebagian daripada lauk pauknya, dirinya pun mencontohkan cara penyajian nasi yakni 50 persen nasi dan 50 persen sisanya sayuran, lauk pauk lainnya ditambah dengan buah-buahan.

Untuk itu, Damiri mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PKK, Dinkes dan organisasi masyarakat lainnya untuk melakukan sosialisasi mengingat pentingnya menerapkan pola makan seimbang, bergizi, dan sehat.

"Gerakan konsumsi buah ini kita akan fokuskan pendekatan kepada ibu-ibu karena ibu ini sebagai dapur konsumsi untuk keluarganya, jika dalam hal ekonomi mereka tidak bisa membeli buah, maka kita akan bantu mereka dengan cara menyuruhnya untuk tanam buah-buahan," pungkas Damiri.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com