• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ciu Tembus Rp40 Ribu per Kilo, Pedagang Kurangi Stok

Rabu, 31 Januari 2018 | 14:34 WIB
Ikan ciu yang dijual di salah satu pasar.(Foto : net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Harga ikan yang kian melonjak membuat para pedagang memilih untuk mengurangi stok ikan yang akan dijualnya. Hal tersebut seperti yang diakui Suri, salah satu pedagang ikan yang berlapak di Pasar Pagi Pangkalpinang. "Harga ikan sekarang lebih mahal lagi, jadi saya pilih untuk mengurangi stok," ungkapnya kepada klikbabel.com, Rabu (31/1/2018).

Salah satu ikan yang harganya melonjak naik ialah ikan ciu. Ikan yang sudah ramah di telinga masyarakat ini harga jualnya kini mencapai Rp40 ribu per kilogram, dari sebelumnya berkisar Rp25-30 ribu per kilogram. "Harga Ciu kian hari kian mahal, kemarin paling mahal 25 sampai 30 ribu, sekarang melonjak jadi 40 ribu perkilo," tuturnya.

Akibat dari tingginya harga ikan itu pun berpengaruh terhadap minat konsumen yang semakin berkurang, hal ini dirasakan Suri karena penjualannya yang kian hari kian merosot. Jika sehari ia mampu menjual setidaknya 50-70 kilo perhari, sekarang ia hanya bisa menjual 20-30 perhari. "Minat ikan ciu sekarang berkurang, biasanya sehari bisa tembus 50-70 kilo, sekarang 20-30 kilo saja, dari pada nanti rugi," jelasnya.

Sementara itu, Rika warga Bukit Merapin mengungkapkan harga ikan yang mahal membuatnya untuk libur dulu dalam mengkonsumsi sumber dari lemak omega 3 ini, ia lebih memilih untuk menkonsumsi telur. "Libur dulu makan ikan, sekarang lebih memilih telur dan sayur saja," akunya. (Dinda Agus Tiantie)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com