Klikbabel.com


Stisipol Pahlawan 12 Bakal Diskusi Bahas Pilkada Bangka

Selasa, 30 Januari 2018 | 14:48 WIB Dibaca sebanyak 298 kali
Ketua Stisipol Pahalawan 12, Darol Arkum di ruang kerjanya. (Foto : Ist)

Klikbabel.com,Sungailiat - Diskusi publik atau public policy corner bertema "Menguji Netralitas Birokrasi dalam Pilkada" akan digelar Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisipol) Pahlawan 12 Sungailiat. Ketua Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat, Darol Arkum mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membangkitkan nilai kritis terhadap hubungan antara aktor birokrasi dengan politik.

"Kegiatan pada tanggal 2 Februari mendatang, sekitar pukul 16.00 WIB dengan pembicara Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka, Corri Ihsan, Kepala BKPSDMD Kabupaten Bangka H. Surtam A Amin, dan dosen Stisipol Pahlawan 12, Bambang Ari Satria," jelasnya, Selasa (30/1/2018).

Diskusi yang diangkat tersebut merupakan salah satu tema sangat baik dimasa sekarang, dengan situasi Kabupaten Bangka dalam melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Ia melanjutkan, hal tersebut karena dua faktor seperti birokrasi dan politik ini saling terkait yang tidak hanya berlangsung selama momentum politik seperti pilkada saja, namun juga berlangsung sepanjang proses tata kelola pemerintahan dan kebijakan. "Secara normatif, birokrasi dan politik dianggap harus memiliki pemisahan yang jelas namun dalam kenyataannya, kita melihat dinamika yang jauh lebih menarik daripada aturan normatif," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bangka, Corri Ihsan saat dihubungi klikbabel.com menyampaikan apresiasinya tentang kegiatan diskusi tersebut. Hal tersebut dikarenakan, tema serta fokus diskusi memang sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada semua pihak, terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menuju pilkada Bangka. "Bagus itu, kalau gak salah terkait netralitas dan juga peran birokrasi kita dalam pilkada nanti. Yang jelas, Panwas menganggap kegiatan ini juga sebagai bentuk sosialisasi kepada seluruh element masyarakat,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com