Klikbabel.com


Puskesmas Gerunggang Galang Dukungan Komitmen Akreditasi

Selasa, 30 Januari 2018 | 14:24 WIB Dibaca sebanyak 225 kali
Suasana workshop penggalangan dukungan komitmen akreditasi Puskesmas Gerunggang.(Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan Gerunggang melaksanakan kegiatan workshop penggalangan komitmen akreditasi Puskesmas Gerunggang tahun 2018. Acara yang berlangsung di halaman kantor Puskesmas Gerunggang kelurahan Tua Tunu Indah kota Pangkalpinang, Selasa (30/1/2018) dihadiri oleh Asisten 1 Pemerintah dan Kesra Kota Pangkalpinang Suparyono.

Haryono, dalam sambutannya mewakili Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah menyampaikan, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) bidang Kesehatan, akreditasi Puskesmas adalah suatu hal yang mesti dilakukan guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Maka dari itu Puskesmas yang merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama wajib terakreditasi. "Seusai dengan RPJMD bidang kesehatan kota Pangkalpinang, maka demi meningkatkan pelayanan kesehatan maka proses Akreditasi wajib dilakukan," ujarnya.

Selanjutnya, ia menambahkan akreditasi merupakan alat untuk mengukur mutu, kinerja dan pelayanan serta pengakuan formal dari badan badan akreditasi. "Akreditasi adalah alat ukur mutu pelayanan kita", ujarnya 

Lebih lanjut menurutnya, Puskesmas adalah garda terdepan Dinas Kesehatan, Puskesmas merupakan manifestasi dari wajah kota Pangkalpinang. Maka dari itu, dirinya berharap agar komitmen dan integritas pelayanan harus dilakukan melalui proses akreditasi.
"Jangan sungkan untuk berkoordinasi, Puskesmas adalah garda terdepan kami di Dinkes, walaupun tugas berat tapi kita harus tetap ramah melayani, jangan cemberut, harus senyum, ramah itu wujud dari pelayanan," imbuhnya.

Sementara itu, Cut Hartati selaku Kepala Puskesmas Gerunggang mengatakan workshop penggalangan komitmen adalah tahap pertama dari proses tahapan akreditasi, selanjutnya dia mengaku optimis dalam menyelesaikan tahapan-tahapan akreditasi. "Penggalangan komitmen adalah tahap awal, nanti akan ada tahap pendampingan, survey, kelengkapan dokumen juga, kita punya tim pendamping, kita optimis," bebernya.(Apriliansyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com