Klikbabel.com


KPU Babar Rakor Persiapan Verifikasi Parpol 2019

Senin, 29 Januari 2018 | 14:57 WIB
Suasana Rakor verifikasi parpol oleh KPU Bangka Barat.(Foto : Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Muntok - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Barat mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan parpol calon peserta pemilu tahun 2019, Senin (29/01/2018). Rakor ini diadakan pasca keputusan Mahkamah Konstitusi yang mengharuskan seluruh partai politik pemilu 2019 untuk melakukan verifikasi.

Ketua KPU Babar, Martono menjelaskan semua keputusan MK didalam Undang-undang bahwa yang diverifikasi hanya partai yang baru yang belum pernah ikut pemilu 2014. "Jadi partai lama tidak di verifikasi faktual, setelah ada keputusan MK maka semua partai politik harus difaktualkan," jelas Martono. Lebih lanjut, Martono mengatakan ada 15 parpol yang mengikuti pemilu tahun 2019 ini. "Ada 12 peserta partai politik pemilu tahun 2014 dan 3 partai politik yang baru," tuturnya.

Untuk itu, Martono menambahkan verifikasi partai politik akan dimulai besok pagi selama 3 hari 30 Januari sampai 1 Februari. Dan bila sampai waktu yang ditentukan partai tersebut tidak memenuhi syarat maka parpol tersebut wajib untuk melakukan perbaikan. "Jika dalam waktu tiga hari ada partai politik yang belum memenuhi syarat maka masih ada kesempatan untuk melakukan perbaikan sampai tanggal 6 Februari," tukas Martono.



Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com