Klikbabel.com


BI Terus Dorong Penerapan E-Money di Babel

Senin, 29 Januari 2018 | 15:05 WIB
Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika Sukmadrajat.(Foto : Yodea Putri/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bangka Belitung (Babel), Tantan Heroika Sukmadrajat terus berupaya untuk mendorong penerapan elektronifikasi keuangan, salah satu diantaranya yaitu melalui penerapan e-money. 

Ia juga menjelaskan, saat ini seluruh transaksi yang dilakukan Pemerintah Babel harus menggunakan sistem non tunai dan diusahakan meningkat ke elektronikfikasi lainnya. 
"Program menontunaikan transaksi pembayaran dan penerimaan di lingkup pemerintahan ada sejak 2015 lalu. Jadi, seluruh pembayaran dilakukan secara no tunai sesuai dengan ketentuan," katanya kepada Klikbabel.com, Senin (29/1/2018).

Tantan juga menyebutkan, dalam hal ini Pemerintah menjadi objek utama dalam penerapan transaksi tersebut karena diyakini bisa mendorong masyarakat dan pihak swasta buat melakukan hal serupa. Namun, ketika disinggung terkait penerapan e-money di Babel, Tantan melanjutkan untuk mewujudkan hal itu diperlukan fasilitas infrastruktur yang memadai tetapi perbankan di Babel kebanyakan kantor cabang.

"Kendalanya terletak pada infrastruktur belum memadai karena perbankan di Babel mayoritas kantor cabang bukan pusat. Sebab setiap daerah mempunyai karakteristik berbeda dan prilaku masyarakat terhadap uang pun berbeda,"lanjut Tantan.

Ia berharap, kedepannya terkait transaksi non tunai di Babel bisa menyentuh seluruh masyarakat dan pihak swasta. "Sebab, Kemendagri mengatur bahwa 2018 elektronifikasi harus diterapkan. Mengingat kondisi infrastruktur belum memadai, BI bekerjasama dengan pemerintah menargetkan 2019 telah dapat untuk diterapkan," harapnya.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com