Klikbabel.com


Babel Bahas Infrastruktur Pulau Kecil terhadap Isu Strategis Pariwisata

Senin, 29 Januari 2018 | 20:33 WIB Dibaca sebanyak 256 kali
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman saat berfoto bersama Gubernur lain di Indonesia pada acara Konferensi Pemda Kepulauan.(Foto : ist)

Klikbabel.com,Batam - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman membahas terkait pemenuhan kebutuhan infrastruktur di pulau kecil saat pembahasan isu strategis bidang pariwisata dalam Konferensi Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan di Swiss-Belhotel Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau, Senin (29/1/2018).

Pemenuhan kebutuhan infrastruktur dan sarana prasarana dasar di pulau-pulau kecil disebutkan Erzaldi, merupakan  kebutuhan yang mesti dipenuhi, energi terutama listrik, air bersih, transportasi dan beberapa sarana lainnya. “Kita perlu mempermudah dan memperlancar akses ke pulau-pulau kecil, antar pulau dan di dalam pulau,” kata Erzaldi.

Tak kalah penting membuat langkah-langkah pemberdayaan masyarakat, upaya yang dapat dilakukan dengan melakukan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan, peningkatan kapasitas baik SDM maupun kelembagaan untuk meningkatkan ekonomi. Peningkatan ekonomi tersebut melalui industri rumah tangga ramah lingkungan. Isu strategis lainnya, menerapkan kebijakan yang tepat terkait kepemilikan, pengelolaan dan pemanfaatan pulau-pulau kecil khususnya di bawah 2000 km2.

Pertimbangan menerapkan kebijakan itu, dikarenakan daya dukung dan daya tampung terbatas serta peran pentingnya dalam ekosistem pesisir. Selain itu disinggung pula mengenai prioritas kawasan konservasi, keamanan dan keselamatan. “Daerah kepulauan cukup rentan tindakan penyelundupan narkoba. Selanjutnya, kemungkinan gawat darurat wisatawan yang harus diantisipasi serta penanggulangan bencana alam,” jelasnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com / release